Minggu, 13 Jun 2021 15:04 WIB

4 Fakta Gonore, Penyakit Kelamin yang Pernah Diidap Gofar Hilman

Ardela Nabila - detikHealth
Gofar Hilman Foto: Gofar Hilman (dok.pri)
Jakarta -

Nama Gofar Hilman baru-baru ini menjadi sorotan usai sebuah utas di Twitter mengungkap pelecehan seksual yang dilakukannya pada tahun 2018 silam. Hal ini pun membuat pernyataan Gofar di masa lampau kembali dibahas hingga viral, salah satunya tentang pengalaman terinfeksi gonore atau gonorrhea.

Salah satunya adalah pernyataannya dalam sebuah podcast AMvibe yang kini telah dihapus, di mana Gofar Hilman mengaku ia sempat terkena gonore atau gonorrhea akibat sering bergonta-ganti pasangan.

"Kenalah gue cuy, kenanya GO, iya gonore. Gue langsung ke dokter dan bilang kasih obat paling bagus dan paling mahal," tutur Gofar, dikutip dari InsertLive.

Terkait hal tersebut, kenali 4 fakta gonore, salah satu jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh aktivitas seksual berisiko dan sempat diidap oleh Gofar Hilman.

1. Apa itu gonore?

Gonore merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri menular seksual yang bisa menginfeksi pria dan wanita. Gonore atau gonorrhea sering kali menginfeksi uretra dan rektum atau tenggorokan. Pada wanita, gonore juga bisa menginfeksi serviks.

Penyakit menular seksual yang satu ini umumnya ditularkan melalui seks vaginal, anal, atau oral. Namun, bayi juga bisa terinfeksi penyakit ini saat dilahirkan oleh wanita yang mengidap gonore. Pada bayi, gonore biasanya mempengaruhi matanya.

2. Gejala gonore

Pada banyak kasus, infeksi gonore tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, apabila terdapat gejala, maka biasanya bisa mempengaruhi banyak bagian di tubuh, terutama di saluran kelamin.

Pada pria, gejala dan tanda infeksi gonore meliputi:

  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Keluarnya cairan seperti nanah dari ujung penis.
  • Nyeri atau bengkak pada salah satu testis.

Sedangkan pada wanita, gejalanya meliputi:

  • Peningkatan keputihan.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Pendarahan yang terjadi di antara siklus menstruasi, seperti setelah berhubungan intim.
  • Sakit pada perut atau panggul.

Apa saja penyebab dan cara mencegah gonore? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Saran Psikolog Bagi Para Korban Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]