Senin, 14 Jun 2021 16:33 WIB

Menkes Soroti Dominasi Corona Varian Delta 'India' di Kudus, DKI, Bangkalan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Varian Delta diyakini memicu kenaikan kasus COVID-19 yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Lonjakan kasus yang cukup signifikan juga terjadi di sejumlah wilayah seperti Kudus, DKI Jakarta, dan Bangkalan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut kenaikan kasus Corona di wilayah itu salah satunya disebabkan oleh varian baru Corona.

"Kami sedikit menambahkan, beberapa daerah seperti Kudus, DKI Jakarta dan Bangkalan, memang sudah terkonfirmasi varian Delta atau B1617.2 atau varian dari India, mendominasi," kata Budi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Tak Boleh Lagi Pakai Nama Negara! Ini Daftar Nama Baru Varian CoronaTak Boleh Lagi Pakai Nama Negara! Ini Daftar Nama Baru Varian Corona Foto: infografis detikHealth

Untuk menekan laju penularan, salah satu strategi yang bakal dilakukan pemerintah adalah mempercepat vaksinasi. Pemerintah menargetkan adanya akselerasi vaksinasi Corona yang menjangkau 700 ribu-1 juta orang per hari.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga menyinggung munculnya banyak klaster keluarga yang disebabkan mudik, pariwisata, dan makan bersama.

"Ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi ini benar-benar diperhatikan," paparnya.

(kna/up)