Selasa, 15 Jun 2021 06:58 WIB

Agar Gejalanya Tak Makin Parah, Kenali Makanan Pantangan Endometriosis

Ardela Nabila - detikHealth
ilusyrasi nyeri haid Foto: thinkstock
Jakarta -

Endometriosis merupakan penyakit inflamasi kronis yang kerap tidak disadari keberadaannya lantaran dianggap mirip dengan nyeri saat menstruasi. Padahal, terdapat data yang menunjukkan bahwa 1 dari 10 perempuan di Asia mengidap penyakit ini.

Saat mengalami inflamasi, terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah. Menurut Dr dr Andon Hestiantoro, SpOG (K), MPH, spesialis kebidanan dan kandungan sekaligus konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi, pantangan utama jika mengidap penyakit ini adalah kandungan lemak.

Pasalnya, lemak merupakan kandungan yang bisa memicu terjadinya inflamasi. Apabila pengidap endometriosis mengonsumsi makanan berlemak, kemudian tidak mengonsumsi cukup vitamin D dan omega-3, maka gejala yang dirasakan bisa semakin parah.

"Yang paling penting sebenarnya kata kuncinya itu di fat (lemak), ya. Itu (menyebabkan inflamasi). Jadi kalau lemak jenuh jadi pemicu oksidan, stres oksidatif, kemudian ditambah vitamin D yang kurang, omega-3 yang kurang itu akan memicu inflamasi," jelas dr Andon dalam acara konferensi pers virtual, Senin (14/6/2021).

Sejumlah jenis makanan yang harus dihindari oleh pengidap penyakit inflamasi kronis, seperti endometriosis, adalah daging merah, makanan yang diproses, serta makanan tinggi gula.

"Beberapa makanan-makanan yang pro-inflamasi itu contohnya adalah daging merah, makanan yang diproses, itu ternyata salah satunya menjadi penyebab (endometriosis), seperti sosis, nah itu bisa memicu. Hati-hati. Gluten juga bisa memicu," tutur dr Andon.

"Penggunaan gula pasir berlebihan (juga bisa memicu endometriosis), apalagi ditambah kopi. Nah, kopi juga pemicu makanan-makanan inflamasi," lanjutnya.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya endometriosis serta mengurangi gejalanya, dr Andon menyarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, vitamin D, dan makanan cukup serat.

"Penting juga makan makanan seperti kacang-kacangan, minyak ikan, karena di situ ada omega-3. Dan karena dia minyak jadi bisa mengandung vitamin D yang cukup. Selain itu dia cukup serat, nah itu bisa mencegah terjadinya endometriosis," tambahnya.



Simak Video "Blak-blakan Agus Eko Nirno, Pahlawan Kemanusiaan dari Surabaya "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)