Rabu, 16 Jun 2021 14:04 WIB

Catat! 8 Obat Sakit Tenggorokan Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
makanan atasi sakit tenggorokan Bawang putih mentah juga bisa menjadi salah satu obat sakit tenggorokan alami. (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat sakit tenggorokan, pastinya akan muncul rasa tidak nyaman terutama saat menelan. Hal ini membuat banyak orang membutuhkan obat sakit tenggorokan yang ampuh dan mudah untuk didapatkan.

Dikutip dari Medical News Today, sakit tenggorokan umumnya terjadi akibat respons imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respons imun alami ini bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Lalu, bagaimana mengatasinya?

Berikut detikcom rangkum 8 obat sakit tenggorokan alami yang mudah di dapatkan di rumah dari berbagai sumber, apa saja?

1. Bawang putih mentah

Siapa sangka kalau bawang putih mentah bisa menjadi salah satu obat sakit tenggorokan. Jenis bawang ini memiliki sifat antiseptik yang bisa membantu mengatasi infeksi bakteri dan meredakan sakit tenggorokan.

Saat bawang putih dihancurkan, itu akan melepas senyawa yang disebut dengan allicin. Senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Caranya, bisa langsung dikunyah atau dicincang dan dicampur dengan madu atau minyak zaitun. Opsi lainnya, bisa juga mencampurnya ke dalam jus sayuran atau buah-buahan.

2. Madu

Dikutip dari Medicinenet, obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan akibat infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu juga bisa membantu meredakan batuk yang berujung menyebabkan sakit tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, bisa ditambahkan ke dalam air hangat, teh hangat, atau jus lemon.

3. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Ini karena berkumur dengan air hangat bisa meredakan gejala iritasi tenggorokan yang disebabkan oleh post nasal drip.

Sebuah studi pada tahun 2005 yang dipublikasi di American Journal of Preventive Medicine mengungkapkan dengan berkumur air garam bisa membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam larutan air hangat. Kumurlah beberapa kali dan lakukan secara rutin.

4. Minum air hangat

Cara mudah lainnya yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Menurut American Osteopathic Association, air yang hangat bisa membantu mengencerkan lendir sinus yang bisa mengurangi penyumbatan.

5. Istirahat

Beristirahat juga bisa menjadi obat sakit tenggorokan yang ampuh lho. Hal ini karena tidur sangat penting, terutama dalam proses pemulihan.

Saat mendapat tidur malam yang cukup, itu akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Jika memungkinkan, kurangi berbicara untuk sementara waktu sampai tenggorokan terasa lebih baik.

6. Dikompres

Cara mudah lainnya yang bisa mengobati sakit tenggorokan adalah dengan mengompresnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga tenggorokan agar tetap hangat dan membantu menenangkan kelenjar getah bening yang lembut.

Caranya, gunakan botol yang berisikan air hangat atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Selanjutnya, kompres bagian leher secara teratur.

7. Air lemon

Dikutip dari Medical News Today, obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah air lemon. Selain menyegarkan, air lemon ini bisa mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek ataupun batuk.

Lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. Senyawa inilah yang bisa melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Lemon juga bisa meningkatkan jumlah air iiur yang diproduksi tubuh, sehingga bisa menjaga selaput lendir tetap lembab. Untuk mencobanya, bisa kombinasikan dengan air hangat, sedikit madu, atau air garam untuk memaksimalkan manfaatnya.

8. Jangan lupa minum

Saat sakit tenggorokan, jangan lupa untuk minum air atau cairan lain yang banyak. Ini menjadi obat sakit tenggorokan yang ampuh untuk dicoba.

Ketika banyak minum, tenggorokan akan terasa lebih baik. Ini akan menjaga selaput lendir di tenggorokan tetap terhidrasi dengan baik.

Sebagai pilihan, bisa dengan minum air, teh, atau infuse water dengan suhu yang membuat tenggorokan nyaman. Dengan itu, tenggorokan bisa lebih cepat sembuh.



Simak Video "Kapan Baiknya Vaksin Covid-19 Booster Diberikan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)