Rabu, 16 Jun 2021 18:55 WIB

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Aman

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
closeup on happy young woman brushing teeth (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Ada banyak cara menghilangkan karang gigi, tak semua harus dilakukan di klinik dokter. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah.

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras. Hal ini disebabkan karena gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Jika tidak segera dibersihkan, karang gigi akan terus menumpuk di gigi atas dan bawah gusi. Kondisi ini bisa merusak gigi dan membuat mulut tidak nyaman.

Berikut cara menghilangkan karang gigi yang bisa dilakukan di rumah, dikutip dari berbagai sumber.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Dikutip dari WebMD, cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari, masing-masing selama dua menit. Agar lebih nyaman, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut dan cukup kecil, sehingga bisa menjangkau bagian belakang gigi dan geraham belakang.

Selain itu, gunakan obat kumur antiseptik setelah sikat gigi setiap hari. Hal ini akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan plak dan berujung membentuk karang gigi.

2. Menyikat gigi dengan baking soda

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda juga bisa jadi pilihan. Ini termasuk cara menghilangkan karang gigi yang aman dan efektif.

Dikutip dari Medical News Today, soda kue atau baking soda ini bisa menghilangkan plak tanpa merusak enamel. Studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda mungkin lebih efektif untuk mengurangi jumlah plak di mulut daripada pasta gigi biasa.

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah kerusakan pada gigi akibat bakteri, salah satunya bakteri Streptococcus mutans.

3. Kumur dengan minyak kelapa

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah berkumur dengan minyak kelapa. Cara ini disebut dengan oil pulling yaitu terapi mulut tradisional dari India untuk menghilangkan bakteri dari mulut dan dipercaya bisa mengurangi plak gigi.

Minyak yang sangat ideal untuk terapi ini adalah minyak kelapa, karena memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat, yaitu asam lemak yang bersifat antimikroba.

Cara menghilangkan karang gigi dengan terapi ini adalah dengan berkumur menggunakan minyak kelapa selama 10 menit. Lakukan setiap hari agar mendapat manfaatnya.

4. Perhatikan pola makan

Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, kurangi mengkonsumsi makanan manis dan juga bertepung. Sebab, jenis makanan tersebut bisa melepaskan asam yang berbahaya yang membuat bakteri di mulut bisa berkembang biak.

Untuk itu, cobalah untuk membatasi konsumsi jenis makanan tersebut. Jika terlanjur dimakan, segera sikat gigi dan minum air yang banyak setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

5. Berhenti merokok

Cara menghilangkan karang gigi lainnya adalah dengan berhenti merokok. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin untuk memicu munculnya karang gigi.



Simak Video "Waspada Gelombang Ketiga Corona, Ayo Belajar dari 3 Bulan Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)