Kamis, 17 Jun 2021 14:20 WIB

4 Obat Alami Vertigo, yang Sering Mendadak Pusing Wajib Tau!

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi sakit kepala Ilustrasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pusing vertigo jelas mengganggu. Tak hanya menghambat aktivitas, dibawa beristirahat pun kerap tak nyaman. Meski seringkali sembuh sendiri, ada lho beberapa makanan dan cara yang boleh dicoba sebagai obat vertigo alami.

Namun sebelumnya, kenali dulu jenis dan penyebab vertigo. Dokter spesialis saraf dari RS Medistra Rimawati Tedjasukmana menjelaskan, jenis pertama yakni vertigo sentral disebabkan masalah pada otak.

Jenis inilah yang bisa menandakan stroke, sumbatan atau pecah pembuluh darah.

Jenis kedua, vertigo perifer yang biasa dialami anak muda, orang dewasa, dan lansia tanpa penyakit stroke. Gejalanya seperti pusing, mual, muntah, dan gangguan pendengaran yang sering terjadi jika tubuh atau kepala berubah posisi secara cepat.

"Vertigo perifer disebabkan kelainan di saraf keseimbangan dan telinga bagian dalam," terang dr Rimawati pada detikcom.

Lalu, apa saja sih obat vertigo alami yang bisa dicoba?

1. Air putih

Banyak minum air putih adalah pertolongan pertama bagi jenis penyakit apa pun, tak terkecuali vertigo. Pasalnya dengan memperbanyak konsumsi air putih, kebutuhan hidrasi tubuh bisa tetap terjaga.

Pada beberapa kasus, dehidrasi bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala bak vertigo. Untuk itu, tak ada salahnya langsung minum banyak air putih jika pusing vertigo mulai menyerang.

2. Teh jahe

Jahe banyak disebut-sebut sebagai obat alami gejala flu, batuk, dan radang tenggorokan. Namun rupanya, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Acupuncture and Tuina Science menunjukan, jahe efektif mengurangi gejala pusing vertigo.

Caranya pun mudah. Masukan akar jahe ke secangkir air mendidih selama 5 menit. Untuk mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan madu. Dipercaya, konsumsi teh jahe sebanyak 2 kali sehari bisa mengatasi gejala pusing dan mual vertigo.

3. Campuran madu dan cuka apel

Dikutip dari Medical News Today, larutan cuka apel dan madu memiliki sifat kuratif untuk melancarkan aliran darah ke otak. Maka itu, perpaduan madu dan cuka apel dipercaya efektif mencegah dan mengobati gejala vertigo.

4. Meditasi

Dikutip dari Healthline, beberapa kasus vertigo rupanya dipicu oleh stres. Mengelola stres tentu bukan hal mudah, namun meditasi dan latihan pernapasan boleh dicoba untuk meminimalkan stres yang kerap merembet pada gejala vertigo.

Jika 4 obat vertigo alami tersebut tak kunjung membuat kondisi membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan tepat.



Simak Video "Ragam Mitos Soal Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)