Minggu, 20 Jun 2021 07:45 WIB

Jerit Pasien di Wisma Atlet: Penuh Sesak! Ruang Gerak Terbatas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah tenaga medis mengantar pasien COVID-19 dengan ambulans di kawasan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/6). Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Jumlah pasien Corona yang menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, masih terus mengalami peningkatan. Antrean masuknya pasien terus terjadi yang membuat para tenaga kesehatan disebut sudah kewalahan.

Salah satu pasien COVID-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di Wisma Atlet, AYS, menceritakan kondisi terkini rumah sakit darurat tersebut. Sejak kedatangannya, ia menyebut pasien tak henti berdatangan.

"Dari awal aku masuk sebenarnya udah ramai banget, cuma nggak seramai yang sekarang. Bisa dilihat pas senam, lapangan penuh banget dan ruang geraknya udah sempit," katanya saat dihubungi detikcom, Minggu, (20/6/2021).

AYS juga melihat pasien-pasien yang berdesakan di Lapangan Cobra. Lapangan itu berada di dalam RSD Wisma Atlet yang berfungsi sebagai tempat pasien berolahraga ataupun berjemur bagi pasien Corona.

Banyaknya jumlah pasien yang datang tak sebanding dengan jumlah kesehatan yang melayani di sana. Antrean masuk pasien Wisma Atlet disebut mulai terjadi dari sore hingga malam hari.

"Sempat ngobrol sama suster, katanya perawat IGD, kekurangan nakes. Jadi perawat yang tugasnya jaga tiap lantai disuruh ke bawah untuk jemput pasiennya," papar AYS.

Data per Sabtu, 19 Juni 2021, DKI Jakarta kembali menempati posisi pertama kenaikan kasus baru terbanyak di Indonesia dengan 4.895 pasien. Bed occupancy ratio (BOR) di Wisma Atlet juga mengalami kenaikan yang telah melebihi ambang batas WHO.

Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) Wisma Atlet diketahui mencapai 77,49 persen pada Kamis (17/6/2021).



Simak Video "Pasien Membeludak! RS Wisma Atlet Kerahkan Ranjang Cadangan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)