Selasa, 22 Jun 2021 13:35 WIB

Cerita Pasien Wisma Atlet Miris Lihat Banyak Pasien Anak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet, Jakarta, meningkat. Kini Bed Occupancy Rate (BOR) di Wisma Atlet menyentuh angka 80% dari kapasitas normal. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Ratusan anak di DKI Jakarta dilaporkan terpapar virus Corona. Sudah mulai banyak anak-anak yang juga dirawat di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran.

Salah satu pasien yang dirawat di Wisma Atlet, AYS, menceritakan kekagetannya saat melihat begitu banyak anak yang masih sangat belia, bahkan bayi, yang dirawat di sana.

"Banyak banget anak kecil. Jadi misal ada pasien datang sekeluarga, pasti ada anak-anaknya. Bayi juga ada, umurnya paling masih 4-5 bulan gitu," katanya saat diwawancarai detikcom, Selasa (22/6/2021).

Catatan RSDC Wisma Atlet per Minggu (20/6), jumlah pasien anak yang dirawat mencapai 10 persen dari total pasien yakni 6.042. Artinya, sekitar 604 pasien yang dirawat di Wisma Atlet adalah kelompok anak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyebut 1 dari 8 pasien Corona di Indonesia adalah kelompok anak. Mirisnya, tingkat kematian pasien Corona anak bisa mencapai 3-5 persen.

AYS menceritakan, di Wisma Atlet disediakan trauma healing untuk pasien anak-anak agar mereka tidak merasa stres dan trauma karena COVID-19.

"Kalau anak kecil yang aku lihat, yang balita itu, mereka ikut ibunya senam atau jalan kecil. kalau yang bayi itu banyak dijemur sama orangtuanya," terang AYS.

Catatan Dinkes DKI, rincian tren kasus positif per Senin di kelompok anak adalah sebagai berikut:

- Anak usia 0-5 tahun: 224 kasus positif
- Anak usia 6-18 tahun: 655 kasus positif



Simak Video "Dear Orang Tua, Yuk Perketat Prokes Pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)