Rabu, 23 Jun 2021 21:10 WIB

Perlu Tahu! Cara Sembuh dari COVID-19 Gejala Ringan atau Tak Bergejala

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pemerintah Desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, menyiapkan tempat isolasi untuk pasien COVID-19. Dua psien tengah diisolasi di sini. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Tidak semua pasien COVID-19 harus dirawat. Ada beberapa cara sembuh dari COVID-19 ketika tak bergejala atau hanya bergejala ringan dan bisa sambil isolasi mandiri di rumah sendiri.

Indonesia menghadapi lonjakan kasus COVID-19, dengan pertambahan kasus terakhir tembus 13 ribu dalam sehari. Cara sembuh dari COVID-19 kini menjadi hal penting untuk dipahami masyarakat.

Selain dengan memaksimalkan layanan kesehatan untuk pasien COVID-19, pemerintah mengupayakan langkah pencegahan berupa percepatan vaksinasi COVID-19 dengan target 700 ribu-1 juta penerima sehari.

Namun dari sisi masyarakat, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan secara mandiri jika terinfeksi COVID-19. Sembari melakukan isolasi mandiri untuk menekan risiko penularan, berikut cara sembuh dari COVID-19 yang bisa diupayakan menurut Kementerian Kesehatan:

  1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan
  2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat
  3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19
  4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga
  5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.
  6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.
  7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit)
  8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kebanyakan orang membutuhkan waktu hitungan minggu untuk benar-benar pulih dari COVID-19.

Gejala paling umum seperti demam umumnya bisa diatasi dengan banyak beristirahat dan minum air putih. Selain itu, bisa juga mengonsumsi obat seperti paracetamol dan ibuprofen.

Cara sembuh dari COVID-19 lainnya, cobalah konsumsi sesendok madu setiap hari untuk menghilangkan batuk. Sedangkan untuk mengatasi gejala sesak napas, usahakan agar kamar isolasi tidak panas. Buka jendela dan hindari penggunaan kipas angin untuk mencegah penyebaran virus.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)