Rabu, 23 Jun 2021 21:49 WIB

10 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajib Diketahui Wanita

Destria - detikHealth
Tes kehamilan Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ciri-ciri hamil dapat dilihat ketika beberapa tanda atau gejala muncul sebelum melakukan tes kehamilan. Biasanya ciri-ciri hamil akan muncul ketika sperma sudah membuahi sel telur, sel telur yang dibuahi kemudian bergerak turun ke dalam rahim, dan terjadinya implantasi.

Implantasi merupakan pelekatan embrio pada dinding rahim. Rata-rata kehamilan berlangsung selama 40 minggu, sangat penting memantau kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Ciri-ciri hamil perlu diperhatikan oleh ibu sejak mengalami pembuahan. Dikutip dari healthline terdapat ciri-ciri hamil, agar sang ibu bisa mempersiapkan keperluan dalam masa kehamilan.

1. Telat Menstruasi

Periode menstruasi yang terlewat adalah salah satu gejala awal kehamilan. Namun, telat menstruasi juga tidak selalu mengalami kehamilan, ada faktor kesehatan selain kehamilan yang dapat menyebabkan terlambat atau terlewatnya periode menstruasi.

2. Sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi pada awal kehamilan. Biasanya disebabkan oleh perubahan kadar hormon dan peningkatan volume darah.

3. Bercak

Beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan ringan dan bercak pada awal kehamilan. Pendarahan ini seringnya merupakan hasil dari implantasi. Implantasi biasanya terjadi satu sampai dua minggu setelah pembuahan.

4. Penambahan berat badan

Berat badan akan terus bertambah dalam beberapa bulan pertama kehamilan. Kenaikan berat badan akan terlihat ketika menjelang awal trimester kedua.

5. Perubahan payudara

Perubahan payudara adalah salah satu ciri-ciri hamil yang pertama terlihat. Bahkan sebelum melakukan tes kehamilan, payudara mungkin mulai terasa bengkak, berat atau terasa penuh, dan areola bisa menjadi lebih gelap.

6. Jerawat

Karena peningkatan hormon androgen, banyak wanita mengalami jerawat di awal kehamilan. Hormon-hormon ini dapat membuat kulit lebih berminyak, yang dapat menyumbat pori-pori.

Jerawat kehamilan biasanya bersifat sementara dan hilang setelah bayi lahir.

7. Muntah

Muntah adalah komponen dari "Morning sickness", yakni gejala umum yang biasanya muncul dalam empat bulan pertama kehamilan. Peningkatan hormon saat awal kehamilan menjadi penyebab utamanya.

8. Sakit punggung

Hormon dan stres pada otot adalah penyebab terbesar nyeri punggung di awal kehamilan. Kemudian, peningkatan berat badan juga menambah sakit punggung yang dialami oleh ibu hamil.

9. Kram

Saat otot-otot rahim mulai meregang dan mengembang, itu akan menyebabkan sensasi menarik yang menyerupai kram saat menstruasi.

10. Sembelit

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat memperlambat sistem pencernaan yang mengakibatkan sembelit.

Jika ciri-ciri hamil tersebut telah terlihat atau sudah terasa, alangkah lebih baik untuk segera melakukan tes kehamilan atau menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.



Simak Video "Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)