Kamis, 24 Jun 2021 07:30 WIB

Selebgram Tasya Farasya Positif Corona, Minuman Terasa Hambar

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tasya Farasya Foto: Instagram Tasya Farasya
Jakarta -

Usai sempat menghilang beberapa hari di media sosial, selebgram Tasya Farasya mengabarkan dirinya terpapar COVID-19. Meski positif COVID-19, kondisinya diakui perlahan jauh lebih baik.

"Hi guys aku positive covid tp udah enakan bgt skrg, miss u all!! maaf ya yg pada nyariin," demikian penggalan caption di Instagram Story Tasya Farasya, dikutip Kamis (24/6/2021).

Tasya Farasya positif Corona dan mengeluhkan minuman yang dikonsumsinya terasa hambar. Indra penciumannya juga tampak ikut terganggu karena positif COVID-19.

"Susu bear brand kok rasanya kaya air putih ya," lanjut Tasya.

Gejala yang dikeluhkan Tasya Farasya kerap dialami pasien COVID-19, dinamakan anosmia. Anosmia adalah kondisi pasien kehilangan indra penciuman dan perasa, gejala ini cukup khas pada pasien Corona.

Berdasarkan riset di 18 rumah sakit Eropa yang melibatkan 2.500 pasien bergejala anosmia, gejala COVID-19 tersebut akan pulih usai 18-21 hari terinfeksi Corona.

Bagaimana cara mengatasinya?

Bawang putih

Beberapa kasus gejala COVID-19 anosmia bisa diatasi dengan memakai bawang putih. Bawang putih bersifat antiinflamasi yang cukup kuat dari asam ricinoleic sehingga bisa mengurangi bengkak dan peradangan pada saluran hidung.

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan melegakan pernapasan.

Caranya adalah dengan menghancurkan 4-5 siung bawang putih, kemudian masak dengan air mendidih selama dua menit dan tambahkan sedikit garam. Minum ramuan ini selagi masih panas sebanyak dua kali sehari.

Pakai larutan air garam

Tak hanya air rebusan bawang putih, larutan air garam juga bisa membantu memulihkan indera penciuman. Caranya, membilas rongga hidung menggunakan larutan air garam.

Hal ini bisa dilakukan untuk memulihkan kemampuan indera penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)