Kamis, 01 Jul 2021 06:06 WIB

Pakai Masker Dobel, Sebaiknya Masker Medis atau Masker Kain Duluan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
masker Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Anjuran pakai masker dobel atau rangkap diyakini bisa menangkal risiko penularan virus Corona varian Delta atau B1617.2 dari India. Kombinasi yang disarankan adalah masker medis dirangkap masker kain.

Mana yang sebaiknya dipakai duluan, masker kain di dalam atau masker medis di dalam? Praktisi kesehatan dr Andi Khomeini Takdir, SpPD menyarankan masker medis dipakai duluan, dalam arti posisinya di lapisan paling dalam.

"Kenapa masker medisnya dulu yang di dalam? Karena dia kan punya lekukan yang akan menekan supaya lebih fit," jelasnya dalam konferensi pers daring, Selasa (29/6/2021).

Menurut dr Koko, sapaan akrabnya, penggunaan masker dobel bisa meningkatkan kemampuan filtrasi. Dengan sifat varian baru yang diyakini lebih mudah menular, dua lapis masker akan meningkatkan proteksi.

"Diharapkan efek proteksinya naik dari 60-80 ke level 90 persen. Tetap ada celah 10 persen, tapi tentu 90 lebih bagus dibandingkan yang 60 (persen)," lanjutnya.

Pada situasi tertentu, masker tidak perlu dirangkap atau didobel. Dicontohkan oleh dr Koko, satu masker saja cukup ketika sedang olahraga di area yang memungkinkan utuk jaga jarak satu sama lain.

"Metabolisme meningkat kan tetep perlu oksigen yang lebih banyak," kata dr Koko.



Simak Video "Yuk Sama-sama Pakai Masker Dobel, Risiko Penularan Turun Sampai 95%!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)