Kamis, 01 Jul 2021 20:00 WIB

Daftar Vaksin 'Hibah' yang Masuk RI, 4 Juta Dosis Vaksin Moderna Termasuk

Vidya Pinandhita - detikHealth
Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta. Foto: Getty Images
Jakarta -

Selain vaksin Corona yang sudah diterima dan digunakan RI hingga kini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, Indonesia masih akan menerima 'hibahan' vaksin COVID-19 dari sejumlah negara. Di antaranya, vaksin Moderna yang disebut akan tiba di RI dalam waktu singkat.

Apa saja vaksin-vaksin COVID-19 yang sedang ditunggu Indonesia? Berikut paparan Menkes dalam konferensi pers, Kamis (1/7/2021):

1. Moderna

Hingga kini, Indonesia belum menggunakan vaksin COVID-19 Moderna. Namun kabar baiknya, Menkes menyebut, Indonesia akan menerima vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Akan tetapi, ia belum menyebutkan kepastian perihal waktu kedatangan vaksin tersebut.

"Kita juga akan dapat dari Amerika dengan bantuan Pak Menko, 4 juta dosis Moderna yang juga akan kita dapat dalam waktu singkat," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

2. AstraZeneca

AstraZeneca adalah salah satu merk vaksin Corona yang sudah digunakan di Indonesia. Menkes menyebut, Indonesia akan menerima 2,1 juta dosis AstraZeneca 'hibahan' dari Jepang.

"Astrazeneca 2,1 juta itu hibah donasi dari pemerintah Jepang dan bukan yg terakhir, jadi mungkin ada lagi yang lainnya," ujar Menkes.

Selain itu, Australia mendonasikan 77 juta dolar Australia untuk Indonesia membeli vaksin. Namun Menkes menyebut, vaksinnya belum bisa diperoleh karena mendapatkannya harus melalui jalur COVAX.

"Berhubung CEO COVAX Asia adalah orang Australia, kalau misalnya diperoleh cepat dan dapat mungkin ada 10 juta dari Australia," kata Menkes.

"Jadi semakin banyak yang kita bisa dapatkan donasi dari negara-negara luar negeri. Terima kasih ke pemerintah Jepang, Australia, Amerika," pungkasnya.



Simak Video " CEO Moderna: Kemungkinan Pandemi Berakhir Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)