Kamis, 01 Jul 2021 21:31 WIB

Terpaksa Pergi Saat PPKM Darurat? Ini Cara Dapat Sertifikat Vaksin COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin COVID-19 di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat, terpantau sangat tinggi. Beginilah potret saat dari proses antre hingga vaksinasi. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Setiap masyarakat yang bepergian di masa PPKM Darurat diwajibkan melampirkan sertifikat vaksin COVID-19 sebagai persyaratan perjalanan. Aturan ini berlaku pada 3-20 Juli mendatang.

Selain sertifikat vaksin COVID-19, masyarakat tetap harus menunjukkan hasil negatif PCR untuk penumpang pesawat terbang dan antigen bagi moda bis dan kereta api.

Dalam dokumen Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Provinsi-Provinsi di Jawa Bali, aturan ini berlaku untuk semua moda transportasi jarak jauh.

"Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan moda transportasi jarak jauh (pesawat, bis dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama)," tulis ketentuan tersebut seperti yang dilihat detikcom, Kamis (1/7/2021).

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19?

Sertifikat vaksin COVID-19 diberikan pada masyarakat yang telah menjalani vaksinasi. Sertifikat vaksin COVID-19 secara umum bisa diberikan dalam bentuk fisik atau lewat aplikasi dan situs PeduliLindungi.

Setelah vaksin, peserta juga akan mendapatkan SMS dari 1199. Untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19, peserta bisa membuka laman situs PeduliLindungi yang tercantum di SMS 1199.

bagi mereka yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, cara mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 cukup dengan membuka profil, dan klik feature sertifikat vaksin.

Dalam feature tersebut, tertera sertifikat vaksin Corona dosis pertama hingga dosis kedua yang siap diunduh unttuk kemudian masuk ke galeri/image pengguna. Berikut cara dapat sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi bagi yang belum terdaftar.


  • Membuka aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
  • Mengisi identitas diri berupa nama lengkap dan memasukkan nomor handphone
  • Mengisi kode OTP untuk verifikasi data, kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan
  • Pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
  • Melengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  • Cek feature sertifikat vaksin
  • Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  • Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
  • Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam gallery/image masing-masing pengguna.

Simak juga video 'Wamenlu: Diplomasi Agresif Terus Dilakukan untuk Amankan Vaksin!':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)