Minggu, 04 Jul 2021 05:29 WIB

Ngapain Berebut Borong? Vitamin untuk COVID-19 Ada di Makanan Sehari-hari

Ardela Nabila - detikHealth
Tingginya kasus Corona (COVID-19) di Indonesia membuat permintaan obat-obatan dan vitamin meningkat. Warga rela antre ke apotek demi membeli kebutuhan. Warga borong vitamin dan suplemen (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Berbagai suplemen ludes di pasaran ketika COVID-19 melonjak gila-gilaan. Padahal nggak perlu ikut-ikutan panik buying. Kalau hanya untuk perlindungan, berbagai vitamin penting sebenarnya ada di makanan sehari-hari.

Salah satunya Vitamin A. Praktisi kesehatan dr Raissa Edwina Djuanda, SpGK menjelaskan bahwa vitamin A memang bermanfaat membantu proses penyembuhan. Namun tidak berarti harus selalu didapat melalui suplemen, lewat sayur-sayuran juga bisa.

"Vitamin A di makanan itu banyak banget. Jadi semua makanan yang warnanya orange atau merah, contohnya labu, bayam walaupun hijau, ikan tuna itu ada, jelasnya," kata dr Raissa dalam program e-life, Jumat (2/7/2021).

Diakui, beberapa mikronutrien memang terbukti mempercepat penyembuhan ketika sedang sakit. Termasuk zinc, yang bersifat sebagai antioksidan dan bisa menghambat replikasi virus.

"Lalu selenium. Selenium ini juga ternyata bisa menghambat dari reseptor tempat virus itu nempel di badan kita," jelasnya.

Selain ketiga nutrisi tersebut, ada 6 vitamin dan suplemen tambahan lainnya yang bisa dikonsumsi untuk mendukung tubuh agar cepat pulih dari virus Corona, yaitu:

  • Vitamin B kompleks (sebagai anti inflamasi)
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E (sebagai antioksidan)
  • Omega 3 (sebagai anti inflamasi)
  • Probiotik (memperlancar sistem pencernaan).


Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)