Minggu, 04 Jul 2021 12:29 WIB

Tips Memilih Vitamin yang 'Tokcer' untuk Isoman COVID-19

Ardela Nabila - detikHealth
Jakarta -

Sebelum memutuskan untuk membeli vitamin dan suplemen, dokter spesialis gizi klinik, dr Raissa Edwina Djuanda, MGizi, SpGK menyarankan untuk memerhatikan sejumlah hal terlebih dahulu.

Pasalnya, memilih jenis vitamin dan suplemen terbaik untuk daya tahan tubuh tidak bisa sembarangan. Sebagai imbas lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia belakangan ini, memang banyak orang yang beramai-ramai membeli berbagai produk vitamin dan suplemen untuk persediaan di rumah.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk usaha agar daya tahan tubuh tetap kuat dan tidak mudah terpapar virus Corona. Karenanya, untuk memastikan produk yang dipilih merupakan yang terbaik, perhatikan beberapa hal penting sebelum membeli.

"Kita perhatikan, suplemen ini halal atau tidak, sudah teregistrasi oleh BPOM atau tidak. Lalu kita harus baca label nutrisinya, ya. Karena berbagai vitamin kan dosisnya beda-beda," ujar dr Raissa dalam program e-life, Jumat (2/7/2021).

"Sebaiknya kita lihat, kita perlunya apa yang utama? Misalnya vitamin C, kita cari vitamin C-nya yang tinggi dibandingkan dengan yang lain," lanjutnya.

Saat sudah membeli vitamin atau suplemen yang dibutuhkan, konsumsilah secara bijak dan jangan berlebihan. Apabila memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya juga konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memutuskan untuk membeli.

"Lalu, konsumsilah vitamin itu secara bijak. Jangan misalnya lagi sakit, terus konsumsi vitamin itu jadi double. Karena vitamin itu kalau kelebihan akan dibuang juga oleh badan kita," tutur dr Raissa.

"Yang penting juga, alangkah baiknya kalau bisa konsultasi dulu ke dokter. Apalagi kalau ada kondisi medis tertentu," tutupnya.

(up/up)