Senin, 05 Jul 2021 08:02 WIB

Siapa Dr Faheem Younus, Dokter AS yang Ngetwit Bahasa Indonesia Soal COVID-19?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dr Faheem Younus Foto: Tangkapan Layar @FaheemYounus
Jakarta -

Kondisi pandemi COVID-19 yang kian buruk di Tanah Air juga jadi sorotan dunia, salah satunya dokter asing asal Amerika Serikat, Dr Faheem Younus.

Belakangan, nama Dr Faheem Younus beken di netizen karena dalam beberapa hari terakhir, ia kerap menuliskan cuitan di akun Twitter pribadi miliknya mengenai kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Dr Faheem juga ngetwit dalam Bahasa Indonesia agar netizen bisa menangkap informasi yang ia sampaikan dengan tepat.

Terbaru, ia menuliskan cuitannya mengenai Ivermectin dan 'susu beruang', yang diborong oleh warga RI karena dianggap bisa mencegah dan membantu memulihkan pasien COVID-19.



Siapa sosok Dr Faheem Younus?

Dilihat dari akun Twitter pribadinya, Dr Faheem adalah seorang pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health, Amerika Serikat. Ia memegang beberapa posisi yakni Vice President, Chief Quality Officer, Chief Division of Infection Disease, dan Clinical Associate Professor.

Dikutip dari laman resmi University of Maryland, Dr Faheem adalah dokter pemenang penghargaan dan eksekutif dokter bersertifikat (CPE) yang memimpin program kualitas dan keamanan pasien di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health.

Saking terkenalnya, namanya juga pernah dicatut oleh seorang oknum yang membagikan hoax atau informasi keliru terkait COVID-19 pada akhir 2020 lalu.

Di luar sektor akademis, Dr Faheem juga tergabung dalam Organisasi Penyakit Menular Amerika dan aktif menulis di sejumlah media internasional seperti Washington Post dan The Huffington Post.



Simak Video "RI Mirip Seperti Amerika soal COVID-19, Ini Saran Dr Faheem Younus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)