Senin, 05 Jul 2021 12:25 WIB

Harmoko Meninggal, Pernah Idap Progressive Supranuclear Palsy

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Harmoko Foto: Antara Foto
Jakarta -

Menteri Penerangan era orde baru Harmoko meninggal dunia pada Minggu (4/7/2021) pukul 20.20 WIB. Ia sempat dinyatakan positif COVID-19 pada 29 Juni 2021 lalu.

"Bapak Harmoko memang pada tanggal 29 Juni hari Selasa, rutin kita melakukan swab antigen. Saat itu dinyatakan positif pas antigen, besokan harinya kita lakukan PCR positif," ujar putra Harmoko, Azisoko Harmoko, di kediaman duka, Senin (5/7/2021).

Pada Minggu (4/7/2021) kemarin, kondisi Harmoko drop hingga harus mendapat pertolongan pertama dari para perawat yang bertugas di kediamannya. Tetapi, kondisinya masih lemah sehingga pihak keluarga memutuskan untuk membawanya ke RSPAD Gatot Soebroto dan meninggal dunia.

"Di RSPAD kita sampai di sana jam 20.00 WIB, dicoba pertolongan oleh para medis di RSPAD. Tapi kelihatannya Allah berkehendak lain. Jadi pada jam 20.20 menit para medis di RSPAD Gatot Soebroto menyatakan bapak Harmoko meninggal dunia," jelasnya.

Azisoko mengungkapkan pihak keluarga sudah berusaha untuk merawat Harmoko selama 8 tahun agar kondisinya tetap stabil. Sejak 2013 lalu, Harmoko diketahui menderita penyakit progressive supranuclear palsy (PSP).

Apa itu progressive supranuclear palsy (PSP)?

Dikutip dari Mayo Clinic, progressive supranuclear palsy (PSP) atau kelumpuhan supranuklear progresif adalah gangguan otak yang jarang terjadi dan menyebabkan beberapa masalah serius. Misalnya seperti masalah saat berjalan, keseimbangan dan gerakan mata, serta masalah saat menelan.

Gangguan tersebut terjadi akibat adanya kerusakan sel-sel di area otak yang mengontrol gerakan tubuh, koordinasi, pemikiran , dan fungsi penting lainnya.

Kondisi ini juga bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu dan bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti pneumonia dan masalah menelan. Sampai saat ini, belum ada obat untuk mengatasi kondisi ini.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)