Selasa, 06 Jul 2021 06:36 WIB

Ibu Positif COVID-19, Bolehkah Tetap Menyusui? Ini Saran Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cara Daftar Vaksin Covid-19 Tangerang Selatan, Cek di Sini! Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Ibu yang positif COVID-19 pada dasarnya boleh, bahkan dianjurkan tetap menyusui anaknya. Caranya saja yang disesuaikan untuk meminimalkan risiko penularan.

"Rekomendasinya adalah ASI itu masih tetap boleh diberikan meski ibu dalam posisi positif COVID. Kenapa? Karena COVID sendiri itu penyakitnya virusnya tidak ada transmisi lewat ASI. ASI itu justru boleh diberikan kepada bayi," terang dokter Spesialis Anak, dr. Ni Made Chandra Mayasari, M.Biomed, SpA pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya, potensi penularan dari ibu pada anak bukan melalui cairan ASI, melainkan interaksi tatap muka secara dekat saat menyusui. Mengingat, virus ini menular lewat droplet atau percikan air liur sehingga bisa jadi, virus terpapar pada anak jika ibu menyusui tanpa memakai masker.

Terlebih, seringkali ibu menyusui anak sambil berbicara atau menyanyi sehingga potensi penularan virus pada bayi semakin besar.

Karenanya, ada beberapa cara untuk meminimalkan penularan. Jika terpaksa harus menyusui langsung, maka wajib menggunakan masker. Sedangkan jika memungkinkan, memberikan ASI perah akan lebih dianjurkan.

"Yang direkomendasikan adalah ASI perah. ASI diperah, kemudian diberikan pada si kecil. Pada saat memerah itu protokol harus tetap (dijalankan). Cuci tangan, pastikan botolnya bersih sebelum diberikan ke bayinya," pungkas dr Chandra.

COVID-19 tidak menular lewat ASI

Penularan COVID-19 terjadi melalui droplet atau percikan dahak, dan bukan melalui Air Susu Ibu (ASI). Yang justru bisa ditransmisikan melalui ASI adalah antibodi yang merupakan salah satu komponen kekebalan tubuh. Antibodi terbentuk ketika seseorang terinfeksi.

"Ibu sakit, kan dalam tubuhnya selain ada kuman sebenarnya badannya juga transfer untuk memproduksi antibodi. BIasanya ASI itu justru bisa saja mengandung antibodi terhadap virusnya itu. ASI pada saat meski ibunya dalam posisi sakit COVID, masih boleh diberikan," terangnya.

Dengan alasan itu pula, rekomendasi yang berlaku saat ini telah memperbolehkan ibu menyusui untuk mendapat vaksin COVID-19.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)