Rabu, 07 Jul 2021 21:06 WIB

7 Obat Sakit Gigi Alami, Daun Jambu Biji hingga Air Garam

Destria - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Obat sakit gigi (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang sangat menyakitkan dan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Oleh karena itu, harus segera ditangani dengan obat sakit gigi agar rasa sakit yang dirasakan tidak semakin parah.

Banyak penyebab umum sakit gigi, seperti gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi dan lain-lain. Sakit gigi bisa diobati dengan obat alami yang mudah ditemui di rumah.

Dikutip dari healthline, berikut ini 7 obat sakit gigi alami yang bisa dicoba.

1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan penanganan pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu mengeluarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga terpercaya dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Cara penggunaannya, yaitu campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal dan digunakan karena khasiatnya. Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, akan tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Cara penggunaannya, yaitu hancurkan bawang putih hingga menjadi pasta dan oleskan ke daerah yang sakit, atau bisa juga dengan menambahkan sedikit garam.

Cara kedua, kunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

3. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Dengan mengandung antioksidan juga dapat membantu sebagai penyembuh yang efektif.

Cara penggunaannya, yaitu oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas, setelah itu oleskan langsung ke area yang sakit.

4. Cengkih

Cengkih telah digunakan sebagai obat sakit gigi, karena minyak cengkih secara efektif dapat mengurangi dan menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Ini karena cengkih mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Cara penggunaannya, yaitu oleskan sedikit minyak cengkih ke bola kapas dan oleskan ke daerah yang sakit.

Cara kedua, bisa juga dengan menambahkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga mengandung anti-mikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Cara penggunaanya, yaitu kunyah daun jambu biji segar atau haluskan daun jambu biji dan masukkan ke dalam air mendidih dan gunakan sebagai obat kumur.

Obat sakit gigi lainnya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]