Jumat, 09 Jul 2021 09:41 WIB

Ungkapan Terima Kasih Jokowi untuk Nakes dan Relawan COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD) saat uji rapid test COVID-19 masal di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (4/6/2020). Kementerian Keuangan menyatakan hingga kini belum mengantongi data tenaga kesehatan (Nakes) dari pemerintah daerah yang menangani COVID-19, sehingga insentif untuk tenaga medis belum bisa dicairkan. ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan rasa terima kasihnya pada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang tanpa lelah menangani COVID-19, pandemi yang sudah lebih dari setahun menyebar di Tanah Air.

"Terima kasih kepada para tenaga kesehatan dan relawan yang saat ini, tak mengenal pagi, siang, atau malam, berjuang dan bekerja keras menangani pandemi COVID-19," tulis Jokowi di akun Twitter pribadinya, Jumat (9/7/2021).

Infeksi Corona di Indonesia masih terus cetak rekor, menyebabkan puluhan ribu orang tertular dan ratusan pasien meninggal. Bahkan pada Kamis (8/7/2021), pasien Corona yang meninggal di Indonesia tembus lebih dari seribu per hari.

Fasilitas kesehatan juga dilaporkan mulai tumbang. Beberapa rumah sakit dikabarkan penuh sampai tak lagi menerima pasien sesak napas.

Belum lagi varian baru Corona yang disebut lebih cepat penularannya sudah masuk ke Indonesia. Balitbangkes mencatat sekitar 553 varian baru Corona ditemukan, mulai dari Alpha hingga Delta, Kappa, dan Iota, menyebar dari Sumatera hingga Jawa.

Pasokan oksigen juga mulai terbatas dan harganya naik gila-gilaan. Di media sosial, suara-suara para pasien mencari bantuan oksigen dan kamar isolasi lantang digaungkan.

Pandemi di Indonesia belum berakhir. Langkah terbaik yang bisa dilakukan masyarakat saat ini adalah tetap tinggal di rumah dan dapatkan vaksinasi COVID-19 jika telah tersedia.



Simak Video "Ahli Prediksi Akhir 2021 55% Penduduk Indonesia Punya Kekebalan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)