Jumat, 09 Jul 2021 05:52 WIB

Round Up

Kematian COVID-19 RI Sempat Tembus Seribu Kasus Sehari, Inikah Penyebabnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemerintah juga menyatakan ada 1.040 pasien Corona yang meninggal dunia hari ini. Jumlah pasien COVID-19 di Indonesia yang meninggal dunia sebanyak 62.908 orang. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap penyebab kasus kematian terus mencetak angka tinggi. Bahkan per Rabu (7/7/2021) kasus kematian COVID-19 pertama kalinya menembus seribu kasus.

Menurutnya, kenaikan kasus kematian COVID-19 terjadi karena lonjakan kasus baru Corona terus mencetak rekor tertinggi. Maka dari itu, pemerintah berusaha fokus untuk meningkatkan fasilitas kesehatan demi memastikan perawatan pasien COVID-19.

"Angka kematian yang tinggi ini berimbas pula dari kenaikan kasus yang tinggi, saat ini pemerintah fokus mencari solusi penanggulangannya yaitu dengan meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan terus-menerus," beber Wiku dalam konferensi pers Kamis (8/7/2021).

"Menjamin bahwa pasien ditangani sedini mungkin serta menjamin penerapan manajemen pelayanan kesehatan yang baik dan merata secara nasional," sambungnya.

Ia juga menjamin pemerintah akan terus mengupayakan penambahan jumlah tenaga kesehatan, serta penambahan sejumlah rumah sakit darurat. Wiku juga kembali menegaskan tak semua pasien COVID-19 dirawat di RS.

"Harus diikuti dengan partisipasi masyarakat untuk taat, dan upaya preventif sesuai dengan yang tertuang dalam aturan," pungkasnya.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)