Sabtu, 10 Jul 2021 19:34 WIB

Kejang-Tubuh Kurus, Ini Efek Samping Pakai Sabu Seperti Nia Ramadhani

Destria - detikHealth
Nia Ramadhani-Ardi Bakri tampil berbaju tahanan Foto: Nia Ramadhani-Ardi Bakrie tampil berbaju tahanan (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kasus penangkapan Nia Ramadhani dan Ardi bakrie terkait penggunaan narkoba jenis sabu menjadi sorotan. Hingga kini keduanya masih menjalani pemeriksaan mengenai kasus yang menjeratnya.

Nia Ramadhani mengaku kepada pihak polisi, bahwa ia telah mengonsumsi sabu selama lima bulan terakhir yang diakibatkan karena tekanan kerjaan di masa pandemi.

Lantas, apa efek sabu bagi tubuh manusia?

Dikutip dari Medical News Today, narkoba jenis sabu adalah narkoba dengan sifat stimulan dan bekerja pada sistem saraf pusat yang sangat buruk bagi si pemakai.

Terdapat efek jangka pendek dari sabu, yang menyebabkan tekanan darah dan denyut jantung si pemakai meningkat dari kondisi biasanya. Di saat yang bersamaan si pemakai sabu mengalami nafsu makan yang terus menurun.

Di kondisi yang parah, pengguna narkoba jenis sabu bisa terkena serangan jantung, risiko stoke, atau gangguan fungsi otak hingga menyebabkan kematian.

Dengan mengonsumsi sabu dapat memicu risiko tinggi yang membuat si pemakai menjadi kecanduan. Kecanduan tersebut bisa menyebabkan pemakai mengalami sakau atau withdrawal symptoms, seperti merasa gelisah, hingga depresi.

Selain itu, penggunaan narkoba jenis sabu juga dapat memicu efek samping lain, seperti paranoid, mudah marah, kebingungan, gigi membusuk, badan kurus, kejang, jerawat atau luka, stroke dan turunnya kekebalan tubuh hingga menyebabkan kematian.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "TOP 5: Nia Ramadhani Terjerat Narkoba, Pemerintah Luncurkan Telemedicine"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)