Senin, 12 Jul 2021 14:34 WIB

Viral Tutorial Cek Oximeter Pakai Pensil, Muncul Angka Berarti Palsu?

Ardela Nabila - detikHealth
Woman hand introduced in a oximeter to check oxygen levels and pulse because Covid-19 pandemic Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino
Jakarta -

Beredar sebuah video yang diunggah di TikTok tentang bagaimana cara membedakan oximeter palsu dan asli. Alat oximeter belakangan ini memang merupakan alat yang paling banyak dicari oleh warga.

Pasalnya, alat ini berfungsi untuk mendeteksi saturasi oksigen dalam darah. Dalam video yang diunggah oleh akun @giamscoot itu menunjukkan bagaimana alat oximeter palsu tetap akan menampilkan kadar oksigen ketika sebuah pensil dijepitkan di alat tersebut.

Sementara itu, alat oximeter yang 'asli' tidak akan menunjukkan angka apapun ketika pensil dijepitkan ke oximeter.

"Cara mengetahui apakah oximeter yang Anda punya itu asli atau palsu. Normalnya, kalau kita nyalakan, lalu jari kita masuk, maka akan terbaca tuh ya tingkat saturasi oksigen dan denyut jantung," ujar pria dalam video tersebut.

"Nah, kita lihat cara lihat apakah asli atau palsu dengan cara masukin pensil ke dalam oximeter tersebut, ya. Waktu ada pensil, ada benda, maka sensor akan membaca. Dan oximeter yang palsu itu akan menunjukkan hasilnya seperti jari yang kita masukkan, padahal pensil yang diukur," jelasnya.

Pria dalam video TikTok itu pun mengimbau para warganet yang memiliki oximeter untuk mencoba cara yang ia lakukan tersebut. Jika oximeter tetap menunjukkan angka saat yang dijepitkan adalah pensil, maka artinya mereka sudah tertipu dengan oximeter palsu.

"Yang punya oximeter dicek, masukin pensil ke dalamnya, kebaca gak tulisannya? Kalau angkanya terbaca, berarti Anda sudah ketipu," tuturnya.

Lantas, bagaimana faktanya? Apakah benar oximeter yang menampilkan angka berarti palsu? Penjelasannya ada di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Hitung Saturasi Oksigen Tanpa Alat Oximeter"
[Gambas:Video 20detik]