Senin, 12 Jul 2021 18:00 WIB

Rekomendasi Buah-buahan Kaya Vitamin untuk Pasien COVID-19 Agar Lekas Pulih

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Blonde woman in isolation at home for virus outbreak Foto: Getty Images/ArtistGNDphotography
Jakarta -

Di tengah pandemi Corona, penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Selain obat-obatan, pasien Corona yang menjalani isolasi mandiri juga disarankan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Mengonsumsi buah-buahan sangat direkomendasikan agar pasien Corona tetap dalam kondisi yang baik selama pemulihan.

Buah-buahan untuk pasien COVID-19 bisa menjadi pilihan camilan untuk dikonsumsi daripada makanan manis yang tinggi gula atau makanan berlemak.

Buah-buahan apa saja yang baik untuk pasien COVID-19?

Perlu diketahui, tak ada jenis buah yang secara spesifik dapat mencegah atau mengobati infeksi COVID-19. Namun, kandungan pada beberapa buah tertentu diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kita menjadi lebih kuat dalam menghadapi virus Corona.

Dikutip dari Healthline, berikut buah-buahan yang bisa dikonsumsi pasien COVID-19 agar lekas pulih

1. Buah jeruk

Kandungan vitamin C pada buah jeruk diyakini dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin C memiliki peran dalam meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua jenis buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ada beberapa jenis buah jeruk yang bisa kamu coba, seperti jeruk bali, jeruk lemon, dan jeruk nipis.

Beberapa penelitian pun menunjukkan vitamin C dapat membantu seseorang pulih lebih cepat dari flu biasa. Meski demikian, belum ada penelitian yang secara spesifik menyebut vitamin C dapat mengobati COVID-19.

Namun, setidaknya vitamin C telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Buah pepaya

Selain buah jeruk, buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kamu bisa menemukan dua kali lipat jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya berukuran sedang.

Buah pepaya memiliki enzim yang baik untuk sistem pencernaan, yakni papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, buah ini juga memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Buah kiwi

Terakhir, ada buah kiwi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi penting, seperti folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C.

Jadi di atas adalah beberapa buah-buahan untuk COVID-19 yang bisa dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, agar kamu tetap terhindar dari virus Corona, diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, rutin mencuci tangan,serta menjauhi kerumunan, dan juga rutin berolahraga.



Simak Video "Ringankan Beban Nakes, Pasien Gejala Ringan Diharapkan Isoman di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)