Rabu, 14 Jul 2021 13:40 WIB

Penting! 10 Makanan, Buah, dan Sayur yang Mengandung Vitamin D

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Healthy foods containing vitamin D. Top view Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice
Jakarta -

Beragam vitamin diperlukan tubuh untuk menjaga imunitas, salah satunya vitamin D. Kebutuhan vitamin ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi, utamanya buah dan sayur-mayur.

Dikutip dari Healthline, penelitian yang dilakukan University of Chicago Medicine menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko COVID-19. Diketahui, kebutuhan vitamin D yang tercukupi dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan orang yang terjangkit virus Corona.

Lantas, apa saja makanan yang mengandung vitamin D? Berikut ulasannya.

1. Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Dalam 100 gram ikan salmon, terkandung 526 IU vitamin D yang mana hampir memenuhi kebutuhan vitamin D harian orang dewasa yaitu 600 IU.

2. Jamur

Jamur menjadi sayuran yang mengandung vitamin D dan baik dikonsumsi demi menjaga daya tahan tubuh.

Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, vitamin ini mungkin tidak seefektif vitamin D3.

3. Kuning telur

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Kuning telur pun ternyata masuk dalam kelompok makanan yang mengandung vitamin D.

Kuning telur diketahui mengandung lemak, vitamin, dan mineral. Sedangkan bagian putihnya kaya akan protein. Satu butir putih telur juga diketahui mengandung 37 IU vitamin D.

4. Tuna kalengan

Makanan yang mengandung vitamin d tinggi lainnya adalah tuna. Tuna kalengan mengandung 268 IU vitamin D per porsi. Namun, konsumsi tuna kaleng sebaiknya tidak lebih dari 170 gram atau kurang per minggu untuk mencegah penumpukan metilmerkuri.

5. Keju

Keju adalah sumber alami vitamin D, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil.

Sebagian besar jenis keju mengandung 8-24 IU vitamin D per porsi 2 ons (50 gram). Kandungan vitamin D dalam keju sangat bervariasi, bergantung pada bagaimana cara keju diproduksi.

6. Pisang

Pisang sebenarnya bukanlah buah yang mengandung vitamin D. Namun, pisang kaya akan magnesium yang dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of American Osteopathic Association menyebut bahwa penting untuk mengonsumsi jumlah magnesium yang disarankan untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang optimal.

7. Susu

Susu sapi dan susu kedelai adalah produk makanan yang mengandung vitamin D. Susu sapi biasanya mengandung sekitar 115-130 IU per cangkirnya (237 ml). Sedangkan untuk susu kedelai mengandung 107-117 IU vitamin D per 237 ml.

8. Kiwi

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kiwi juga menjadi buah yang mengandung vitamin D. Jika Anda berniat menambah vitamin D untuk tubuh lewat buah-buahan, kiwi bisa jadi pilihan.

9. Brokoli

Sayuran yang mengandung vitamin D adalah brokoli. Selain baik untuk tulang, brokoli juga mengandung magnesium dan juga vitamin K yang baik bagi darah.

10. Tahu dan tempe

Selain murah dan mudah ditemukan, tahu dan tempe diketahui sebagai makanan yang mengandung vitamin D. Dalam 100 gramnya, tahu dan tempe mengandung 26 persen vitamin untuk kebutuhan tubuh.



Simak Video "Intaian Varian Baru Covid-19 dan Bahayanya Jika Sampai Lengah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)