Rabu, 14 Jul 2021 19:15 WIB

Ini Tips Mencegah Infeksi COVID-19 di Dalam Ruangan

Firdaus Anwar - detikHealth
PPKM Darurat berdampak pada para pedagang di Pasar Kliwon Kudus. Pendapatan mereka turun hingga 90 persen seiring dengan sepinya pasar di saat PPKM Darurat. Ilustrasi suasana dalam ruangan. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia makin bertambah banyak. Hal ini jadi pertanda virus masih bersirkulasi di tengah masyarakat, meski otoritas sudah menerapkan upaya pengendalian lewat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat).

Terkait hal tersebut, penularan di dalam ruangan jadi salah satu hal yang mendorong tingginya kasus COVID-19. Beberapa kali dikabarkan muncul kluster keluarga dari satu rumah atau kluster kantor.

Bagaimana cara mencegah infeksi COVID-19 di dalam ruangan? Berikut 5 tipsnya seperti dikutip detikcom dari BBC:

1. Jauhi ruangan yang pengap dan gerah

Ruangan terasa gerah? Sebaiknya segera keluar jauhi ruangan tersebut karena itu bisa jadi tanda ventilasi yang kurang baik. Ventilasi buruk berpotensi membuat partikel virus bertahan lebih lama di udara untuk menginfeksi orang-orang.

2. Cek AC

Alat air conditioner (AC) biasanya dipasang dalam satu ruangan untuk membuat udara jadi lebih sejuk. Hanya saja perhatikan apakah AC bekerja dengan cara mengambil udara segar dari luar.

Sebagian AC diketahui hanya memutar udara dari dalam ruangan saja. Hal ini berbahaya karena artinya minim sirkulasi udara dan malah berpotensi menyebarkan partikel virus.

Bila perlu gunakan filter khusus yang bisa menyaring partikel virus pada sistem AC.

3. Buka jendela dan pintu

Membuka jendela dan pintu jadi cara paling mudah untuk membiarkan udara mengalir dari luar ke dalam ruangan. Hal ini juga yang disarankan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) untuk menurunkan risiko penularan COVID-19.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)