Minggu, 18 Jul 2021 08:33 WIB

Menggemuk Setelah Kena COVID-19 Seperti Tante Ernie, Inikah Penyebabnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tante Ernie Tante Ernie curhat BB naik usai sembuh dari COVID-19. (Foto: Dok. Instagram himynameisernie)
Jakarta -

Tante Ernie mengeluhkan kenaikan berat badan usai sembuh dari COVID-19. Ia mengatakan faktor kenaikan berat badan yang ia alami karena jadi banyak makan selama terinfeksi COVID-19.

"Bisa ngebayangin gak sih daging seberat 5 kg itu sebanyak apa?" curhat Tante Ernie di unggahan Instagram pribadi miliknya.

Pasien Corona yang menjalani pemulihan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pola makannya pun harus teratur agar mereka lekas pulih dari infeksi COVID-19.

Menggemuk usai terkena COVID-19 juga bisa diakibatkan stres karena pandemi. Seorang ahli gizi asal Amerika Serikat Shawn Talbott mengatakan stres akibat wabah menyebabkan beberapa orang naik berat badannya.

Ketika seseorang mengalami situasi yang memicu stres, jiwa mereka akan sangat terpengaruh sehingga menimbulkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh. Respons tubuh terhadap stres akan menyebabkan munculnya hormon kortisol.

"Kortisol saat stres hampir selalu meningkatkan nafsu makan untuk makanan cepat saji, tinggi gula, tinggi lemak, dan ini akan membuat kita tidak berhenti makan," katanya dikutip dari New York Post.

Namun tak perlu khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti berolahraga dengan teratur dan mengatur pola makan.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)