Minggu, 18 Jul 2021 10:05 WIB

Viral Racikan Air Kelapa, Jeruk Nipis, dan Garam Bisa Bunuh Corona, Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minum Air Kelapa Hijau Plus Air Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya! Hoax air kelapa muda bisa bunuh Corona. Foto: iStock
Jakarta -

Viral pesan berantai yang menyebut racikan air kelapa muda, jeruk nipis, garam, dan madu bisa membunuh virus Corona. Dalam narasi yang beredar disebutkan dalam satu jam setelah mengkonsumsi racikan tersebut, virus di dalam tubuh akan hilang dan tes swab akan menunjukkan hasil negatif.

Berdasarkan hasil penelusuran, campuran air kelapa, garam, madu, dan perasan jeruk nipis tidak benar dapat membunuh COVID-19.

Dikutip dari laman Satgas COVID-19, Guru Besar Departemen Penyakit Dalam FKUI, Ari Fahrial Syam, mengonfirmasi bahwa klaim campuran bahan-bahan tersebut belum terbukti secara medis dapat membunuh COVID-19 dan bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung.

"Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maag-nya bisa kambuh. Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh," papar dr Ari.

Narasi senada juga sudah disebarkan pada akhir tahun 2020. Tidak sedikit yang mempercayai air kelapa muda dicampur jeruk nipis dan sedikit garam bisa membasmi corona.

Informasi ini juga sudah beberapa kali dibantah oleh para ahli. Air kelapa muda dan perasan jeruk nipis memang punya manfaat kesehatan, tetapi tak ada bukti ilmiah kedua bahan ini bisa mematikan virus Corona.

Bukan berarti masyarakat tak boleh minum air kelapa muda atau perasan jeruk nipis. Keduanya secara turun temurun diyakini memiliki khasiat bagi daya tahan tubuh.



Simak Video "Campuran Air Kelapa dan Garam Diklaim Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)