Rabu, 21 Jul 2021 05:30 WIB

Round Up

PPKM Lanjut, Jokowi Siapkan 2 Juta Paket Obat Isoman COVID-19 Gratis

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Petugas menyiapkan obat COVID-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp. Obat gratis untuk Isoman COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat COVID-19 resmi diperpanjang sepekan ke depan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan paket obat isolasi mandiri (isoman) gratis akan terus dibagikan.

"Pemerintah akan terus membagikan paket obat gratis untuk OTG (orang tanpa gejala) dan yang bergejala ringan yang direncanakan sejumlah 2 juta paket obat," kata Jokowi dalam keterangan pers, Selasa (20/7/2021).

Selain itu, Jokowi juga mengalokasikan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 55,21 triliun dalam berbagai bentuk termasuk sembako dan subsidi listrik maupun internet. Insentif juga diberikan untuk usaha mikro informal sebesar Rp 1,2 juta dan untuk usaha mikro Rp 1 juta.

Jika tren kasus COVID-19 terus mengalami penurunan hingga 26 Juli, maka PPKM akan mulai dilonggarkan secara bertahap. Pasar tradisional misalnya, akan mulai dibuka dengan kapasitas 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.



Simak Video "Kasus COVID-19 Masih Menanjak saat PPKM Darurat, Ini Kata Epidemiolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)