Rabu, 21 Jul 2021 18:28 WIB

Hore! Antibodi Penyintas COVID-19 Bisa Bertahan Hingga 9 Bulan

Ayunda Septiani - detikHealth
Tes serologi merupakan pemeriksaan untuk mengetahui antibodi dalam darah. Tes ini diketahui dapat menjadi acuan untuk deteksi awal indikasi infeksi virus Corona Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Studi terbaru menemukan pasien COVID-19 yang sudah sembuh bisa 'kebal' infeksi ulang setidaknya selama 9 bulan. Hal Ini terlepas dari apakah seseorang memiliki gejala atau tidak.

Dikutip dari laman The National News, para peneliti dari Universitas Padua dan Imperial College London menguji berapa lama antibodi dapat bertahan kepada hampir seluruh warga di kota Italia.

Lebih dari 85 persen dari 3.000 penduduk kota Vo' Italia, pada Februari dan Maret 2020 diuji untuk infeksi COVID-19, kemudian diuji lagi pada Mei dan November 2020 untuk antibodi terhadap virus tersebut.

Hasil studi menemukan 98,8 persen orang yang terinfeksi COVID-19 menunjukkan tingkat antibodi bertahan hingga sembilan bulan kemudian. Tidak ada perbedaan antara orang yang mengidap gejala COVID dengan mereka yang tak gejala.

Studi sebelumnya menemukan bahwa kekebalan berlangsung sekitar enam bulan, yang berarti bisa terinfeksi COVID untuk kedua kalinya. Sementara itu, vaksinasi mengurangi kemungkinan terinfeksi dan meredakan gejala tetapi tidak selalu mencegah terpapar COVID-19.

"Kami tidak menemukan bukti bahwa tingkat antibodi antara infeksi simtomatik dan asimtomatik berbeda secara signifikan, menunjukkan bahwa kekuatan respons imun tidak tergantung pada gejala dan tingkat keparahan infeksi," kata penulis utama Ilaria Dorigatti, dari MRC Center for Global. Analisis Penyakit Menular di Imperial.

"Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa tingkat antibodi bervariasi, terkadang sangat mencolok, tergantung pada tes yang digunakan. Ini berarti bahwa diperlukan kehati-hatian saat membandingkan perkiraan tingkat infeksi pada populasi yang diperoleh di berbagai belahan dunia dengan tes yang berbeda dan pada waktu yang berbeda," tambahnya.



Simak Video "Ini Yang Dialami Pasien Usai Sembuh dari COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)