Kamis, 22 Jul 2021 16:28 WIB

Bolehkah Minum Es Setelah Vaksin? Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin Foto: iStock
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 terus digencarkan untuk bisa segera mengakhiri pandemi. Di tengah ramainya program vaksinasi, muncul pertanyaan-pertanyaan di antara masyarakat awam yang masih ragu terkait vaksin. Seperti misalnya apakah setelah vaksinasi boleh minum es?

Di media sosial pertanyaan seperti itu kerap muncul karena ada kekhawatiran konsumsi makanan atau minuman tertentu dapat memengaruhi kinerja vaksin. Ada yang mungkin khawatir vaksin malah bisa jadi berkurang efektivitasnya atau menimbulkan lebih banyak efek samping berbahaya.

"Tadi beli es coklat niatnya mau diminum abis vaksin, EH KATANYA GABOLEH MINUM ES," komentar salah satu netizen pengguna Twitter.

"Kalau mau vaksin emang ngga bole minum es ya?" tanya pengguna lainnya.

Apakah setelah vaksinasi boleh minum es?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam situs resminya telah menjelaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang setelah vaksinasi, dalam hal ini terutama vaksin COVID-19. WHO menegaskan ini karena kinerja vaksin tidak akan terpengaruh oleh asupan makanan atau minuman.

"Efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi," tulis WHO seperti dikutip pada Kamis (22/7/2021).

Artinya selama tubuh terasa tetap fit, tidak ada larangan minum es atau mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin.

Ini juga menjawab pertanyaan serupa yang beredar di masyarakat terkait pantangan mengonsumsi kopi setelah vaksin. Ahli kesehatan paru-paru dan eks Direktur WHO untuk wilayah Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama, menyebut belum ada jurnal ilmiah yang mendukungnya.

"Saya sih belum pernah baca dampak minum kopi dan vaksin COVID-19," kata Prof Tjandra pada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Cerita Warga Boyolali yang Awalnya Takut Vaksin Kini Berani"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)