Rabu, 28 Jul 2021 05:31 WIB

Pelaku Perjalanan PPKM Level 4 Wajib Pakai Masker Kain 3 Lapis

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kedatangan rombongan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Bandara Internasional Soekarno-Hatta jadi sorotan. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito mengungkap sejumlah aturan bagi pelaku perjalanan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Salah satunya adalah aturan terkait penggunaan masker.

Aturan ini tertuang di dalam Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

"Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut," tulis SE yang sudah diteken oleh Ganip pada Senin (26/7/2021).

"Jenis masker yang digunakan oleh pelaku perjalanan adalah masker kain 3 lapis atau masker medis," lanjutnya.

Ganip menegaskan bahwa pelaku perjalanan dilarang keras untuk berbicara melalui telepon maupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, maupun udara.

Tak hanya itu, makan dan minum juga tidak diperkenankan sepanjang perjalanan penerbangan yang kurang dari 2 jam. Namun, aturan ini dikecualikan bagi individu yang wajib mengonsumsi obat, sehingga diperbolehkan untuk membuka maskernya ketika minum obat dan memakainya kembali sesudahnya.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi, bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing. Namun, mereka diwajibkan untuk tetap tunduk dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana aturan lengkap perjalanan di masa PPKM level 1 sampai 4? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pertimbangan Epidemiolog soal Perlu Tidaknya PPKM Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]