Senin, 02 Agu 2021 21:20 WIB

Alert! Menkes Akui Kasus COVID-19 Luar Jawa-Bali Meningkat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tenaga kesehatan melakukan tes swab antigen kepada warga di Gg Bahagia, Kel Gerendeng, Kec Karawaci, Tangerang. Upaya ini sebagai tracing atau pelacakan untuk menekan penyebaran COVID-19. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan penerapan PPKM di Jawa-Bali memperlihatkan penurunan kasus. Perkembangan kasus COVID-19 bahkan disebut telah mencapai puncak dan menurun hingga 60 persen.

Hanya saja tren kasus kenaikan malah terjadi di luar pulau Jawa-Bali.

"Memang kita harus akui penurunan di Jawa dibarengi dengan kenaikan di luar Jawa," katanya dalam konferensi pers di Kemenkes, Senin (2/8/2021).

Menkes mengatakan penanganan di Jawa yang akan direplikasi ke luar Jawa. Cara-cara tersebut meliputi peningkatan testing COVID, dan peningkatan tempat isolasi terpusat.

"Kita akan lebih cepat menangani luar Jawa karena hanya akan mereplikasi seperti di Jawa dan kita belajar dari pengalaman kita untuk mengurangi laju penularan di Jawa," beber Menkes.

Menkes juga menyinggung soal kematian tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Ia mengatakan kematian tinggi terindikasi disebabkan oleh terlambatnya pasien datang ke RS dan keterbatasan kapasitas rumah sakit dan oksigen.



Simak Video "Data Statistik: 80% Gejala Ringan, Jadi Alasan Kemenkes Minta Warga Isoman di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)