Rabu, 04 Agu 2021 06:50 WIB

6 Cara Samarkan Kulit Belang akibat Kelamaan Berjemur

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
kulit belang karena berjemur Foto: infografis detikHealth
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, banyak anjuran untuk berjemur agar tubuh lebih optimal menghasilkan vitamin D. Tapi hati-hati, kelamaan berjemur pada saat UV Index sedang tinggi-tingginya bisa bikin kulit belang-belang.

Kesan belang pada kulit terjadi karena tidak mungkin seluruh permukaan tubuh bisa dibuka saat berjemur agar paparan sinar matahari merata. Ada bagian tertentu yang harus tetap ditutup, sehingga berdampak pada belang-belang di permukaan kulit.

Pakar kesehatan kulit Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV dari DNI Skin Centre menyebut, kulit belang umumnya tidak berbahaya dan bisa pulih dengan sendirinya. Namun ia tidak menyarankan untuk berjemur terlalu lama, karena jika berlebihan maka bukan hanya kulit belang yang didapat.

"Tetapi jika setelah berjemur matahari lalu muncul gejala seperti kulit kemerahan, muncul lepuhan maka dapat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi dan infeksi kulit," jelasnya.

Kulit belang muncul tergantung pada bagian mana yang tidak tertutupi sinar matahari dan biasanya timbul jika beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, seperti bekas singlet yang mengecap di area pundak, bekas jam di pergelangan tangan, bekas lengan baju jika menggunakan baju lengan pendek atau bekas pada kaki karena sering menggunakan celana pendek.

Pada sebagian orang kulit belang mungkin akan sangat mengganggu penampilan karena perbedaan warna kulit yang terlihat jelas. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya?

Berikut di bawah ini adalah 7 tips menghilangkan kulit belang akibat kelamaan berjemur, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Eksfoliasi dan scrub

Caranya adalah dengan menggosok kulit pada area kulit belang dan dengan hati-hati lakukan eksfoliasi (mengelupas sel-sel kulit mati). Cara ini dapat mempercepat proses meratakan warna kulit pada area kulit belang.

Pastikan juga untuk rajin menggunakan pelembab, lotion atau moisturizer untuk kulit. Sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab berkualitas yang mengandung vitamin E dan ekstrak alami penting lainnya.

2. Gunakan jus lemon dan campuran madu

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu campurkan kedua bahan dan aduk hingga rata, baru kemudian oleskan pada kulit belang selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Solusi ini cukup efektif untuk menghilangkan kulit belang dalam beberapa hari dan mudah dilakukan.

Madu juga berfungsi sebagai pelembab kulit yang bagus. Namun, jangan gunakan cara ini untuk mengatasi sunburn atau kulit yang terbakar matahari.

3. Gunakan gel lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan. Gel lidah buaya yang berkualitas mengandung antioksidan dan enzim yang berguna untuk kesehatan kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit belang dan aman digunakan untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal"
[Gambas:Video 20detik]