Rabu, 04 Agu 2021 14:19 WIB

Jadi Syarat Masuk Mal, Jasa Cetak Sertifikat Vaksin COVID-19 Banjir Order!

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Jadi syarat masuk mal, jasa cetak sertifikat vaksin COVID-19 banjir order. Kartu vaksin COVID-19. (Foto: Salwa Aisyah Sheilanabilla)
Jakarta -

Sejumlah mal di DKI Jakarta mewajibkan karyawan maupun pengunjung untuk menunjukkan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk. Beberapa lokasi bahkan mengharuskan sertifikat tersebut dicetak.

Selain itu, banyak juga orang yang mulai mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk kartu agar tidak mudah sobek atau rusak. Jasa cetak kartu vaksin pun banjir orderan.

Lily Wihardoyo, salah satu penyedia jasa cetak kartu vaksin di Tangerang mengaku banjir orderan di awal Agustus ini. Jasa cetak dadakan yang ia lakoni sebelumnya hanya menjual 5 sampai 10 kartu perhari. Namun, awal Agustus orderan yang masuk mencapai 33 kartu.

"Awal hanya iseng-iseng untuk membuatkan sertifikat vaksin dengan ukuran disederhanakan menjadi kartu vksin seukuran KTP hanya untuk istri saya," ujar Lily saat dihubungi via pesan instan, Rabu (4/7/2021).

Lily mematok harga Rp. 20.000 per kartu, tetapi memberikan potongan harga sebesar Rp. 5.000 jika memesan lebih dari 1 kartu.

Untuk syarat pemesanan, pelanggan harus mengirimkan data asli. Namun, ia menjamin keamanan data pelanggan karena tidak ada kepentingan dengan data-data tersebut.

"Setelah kartu dicetak data yang dikirim akan saya hapus, dan saya tidak ada keperluan dengan data vaksin tersebut. Kalau tidak dihapus akan memenuhi memori HP ataupun hardisk saya," kata Lily.

Hingga saat ini, orderan untuk kartu vaksin masih terus masuk. Ia menggunakan aplikasi pesan instan Whatsapp untuk mempromosikan hasil kartu vaksinnya.



Simak Video "Prosedur Akses PeduliLindungi Bagi Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)