Jumat, 06 Agu 2021 05:38 WIB

Penting! Cara Daftar dan Cek Lokasi Vaksin COVID-19 Bumil

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ilustrasi hamil Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mengizinkan ibu hamil divaksinasi COVID-19. Peraturan ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Mulai berlaku per 2 Agustus 2021, di daerah risiko tinggi. Tiga jenis vaksin yang bisa digunakan adalah vaksin Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac.

"Vaksinasi bagi ibu hamil akan menggunakan jenis vaksin COVID-19 platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac," tulis surat edaran tersebut.

Sebelumnya, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah mengeluarkan rekomendasi terkait vaksinasi COVID-19. Hal ini mengingat Ibu hamil termasuk kelompok populasi yang berisiko terpapar virus.

Ketiga jenis vaksin untuk ibu hamil yang direkomendasikan Kemenkes, juga masuk dalam rekomendasi POGI. POGI menjelaskan, vaksin-vaksin ini telah diuji dan aman diberikan selama kehamilan.

Lebih lanjut, Surat Edaran Kemenkes ini juga menjelaskan pemberian dosis dan usia hamil yang boleh vaksin. Pemberian dosis ke-1 vaksinasi COVID-19 bisa dimulai pada trimester kedua kehamilan.

Sementara, untuk pemberian dosis ke-2 dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin yang digunakan. Berikut di bawah ini persyaratan vaksin dan cara daftar erta cek lokasi vaksin yang melayani ibu hamil.

Skrining atau syarat vaksin bagi ibu hamil Sebelum mendapatkan vaksin COVID-19, petugas akan melakukan skrining khusus di kartu kendali.

Beberapa pertanyaan yang harus dijawab, di antaranya usia kehamilan, keluhan preeklampsia, riwayat alergi, penyakit penyerta, dan pengobatan yang tengah dijalani Bunda. Sementara, ibu hamil yang pernah terkonfirmasi COVID-19 dapat menunda vaksinasi sampai tiga bulan setelah sembuh dari COVID-19.

Bagaimana cara daftar dan cek lokasi vaksin ibu hamil?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kemenkes Ungkap Kemungkinan Ibu Hamil Dapat Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)