Rabu, 11 Agu 2021 16:02 WIB

Awas, Penurunan Massa Otot Bisa Picu Masalah Kesehatan untuk Tubuh

Yudistira Imandiar - detikHealth
sakit Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Penurunan massa otot merupakan keniscayaan yang berhubungan dengan penambahan usia. Jika tidak ditanggulangi, degradasi massa otot dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berdasarkan laporan Harvard Medical School, setelah usia 30 tahun, massa otot akan berkurang hingga 33% Ketika massa otot menyusut, kandungan lemak dalam tubuh praktis meningkat. Inilah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak bugar dan daya tahan tubuh melemah.

The Conversation menuliskan penurunan massa otot berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Bahkan, masalah ini dapat merembet pada timbulnya demensia.

Disebutkan dalam penelitian tentang pengaruh kondisi tubuh terhadap risiko penyakit jantung yang diterbitkan Journal of the American College of Cardiology volume 60 tahun 2012, jika dibandingkan, orang yang mengidap penyakit jantung dengan massa otot yang besar memiliki peluang hidup lebih tinggi ketimbang sesama pengidap sakit jantung yang massa ototnya lebih rendah.

Selain itu, seperti dijelaskan dalam paparan The Medical Journal of Australia, massa otot juga berpengaruh terhadap tingkat resistensi tubuh akan timbulnya penyakit diabetes. Semakin besar massa otot, maka potensi terkena diabetes menjadi lebih kecil. Hal itu dikarenakan otot dapat menyerap kadar gula dari aliran darah dalam jumlah besar.

Otot dapat mengubah kadar gula menjadi energi, dan memproduksi glikogen untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Jika massa otot menurun, maka kadar gula yang terserap kian sedikit sehingga risiko diabetes meningkat.

Penurunan massa otot juga berkaitan dengan menurunnya kemampuan mobilitas. Kekuatan tubuh untuk bergerak, berjalan, apalagi mengangkat beban akan menurun signifikan ketika massa otot berkurang. Kondisi demikian juga akan menyebabkan kekuatan tulang ikut terkoreksi lantaran minim bergerak.

Meskipun penyusutan massa otot terjadi karena faktor penambahan usia, bukan berarti masalah ini tak bisa diantisipasi. Aktivitas fisik teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga massa otot tetap di level yang baik. Asupan protein yang cukup juga tak kalah penting untuk mempertahankan massa otot.

Ensure Bantu Pertahankan Massa Otot

Kini PT Abbott Products Indonesia telah hadir dengan nutrisi dewasa untuk membantu menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh setiap hari. Ensure dapat menjadi sumber nutrisi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh setiap hari. Mengandung nutrisi triple protein, omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan nutrisi penting lainnya.

Selain kaya nutrisi, formula ilmiah Ensure terbukti klinis meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh untuk aktif sepanjang hari. Ensure juga rendah akan kandungan laktosa sehingga nyaman di perut.

Produk susu Ensure tersedia dalam 2 pilihan rasa lezat vanila dan coklat serta tersedia dalam kemasan 150g, 400g dan 900g. Minum Ensure 2 gelas setiap hari dapat bantu menjaga daya tahan tubuh dan kekuatan otot untuk aktif sepanjang hari.

Dapatkan informasi mengenai gaya hidup sehat di usia dewasa di ensure.co.id.

(mul/up)