Kamis, 12 Agu 2021 14:00 WIB

Apa Itu Hidrokuinon? Awal Mula Perseteruan dr Richard Lee Vs Kartika Putri

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Penangkapan pemilik klinik kecantikan dr Richard Lee heboh jadi perbincangan. Hal ini dikarenakan beredar sebuah video proses penangkapan dr Richard yang diungkap sang istri di Instagram, Reni Effendi.

Tampak dr Richard enggan ditahan dan Reni meminta polisi menerangkan lebih dulu maksud dari penangkapan suaminya. Belakangan polisi menjelaskan Richard Lee ditangkap karena ada akses ilegal terhadap salah satu akun Instagram, akun yang disita polisi dalam dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri.

"Barang bukti saat itu HP dari terlapor, karena di situ ada akun yang menyebutkan sesuatu yang pelapor tidak terima," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (12/8/2021).

Perseteruan keduanya bermula dari review atau ulasan sebuah produk kecantikan dengan brand ambassador Kartika Putri. dr Richard menyoroti kandungan hidrokuinon produk tersebut di atas 2 persen, dan sangat berbahaya jika dijual bebas tanpa resep dokter.

Apa sih sebenarnya hidrokuinon?

Dikutip dari Medical News Today, hidrokuinon adalah bahan kimia yang bisa mencerahkan atau memutihkan kulit. Bisa berbentuk produk dalam krim wajah, gel, maupun lotion sehingga bisa dipakaikan langsung ke kulit.

Krim dengan kandungan hidrokuinon 2 persen bebas diperjualbelikan tanpa resep dokter. Sementara, kandungan produk hidrokuinon di atas 2 persen harus dengan resep dokter karena bisa memicu efek samping berisiko.

Orang yang memakai hidrokuinon bisa membantu mengatasi kulit hiperpigmentasi, atau area kulit yang lebih gelap. Misalnya seperti kondisi bintik gelap atau freckles akibat paparan matahari hingga bekas jerawat.

Risiko dan efek samping

Hidrokuinon umumnya aman jika mengikuti anjuran pemakaian, kandungan maksimal 2 persen. Beberapa kemungkinan efek samping termasuk:

  • kekeringan kulit
  • gatal
  • kemerahan
  • dermatitis kontak ringan atau reaksi alergi

Pemakaian jangka panjang

Penggunaan hidrokuinon jangka panjang dapat menimbulkan ochronosis. Ochronosis menyebabkan pigmentasi biru-hitam dan bintik-bintik seperti kaviar di kulit.

American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) menyarankan agar orang menghindari produkhidrokuinon di sekitar area mata mereka dan hanya menggunakan sedikit produk tersebut di wajah.

(naf/up)