ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Agu 2021 07:06 WIB

Vaksin Moderna Mulai Diberikan untuk Umum! Ingat, Bukan Booster Ya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kabar baik, Kementerian Kesehatan sudah mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 buatan Moderna ke masyarakat umum alias non tenaga kesehatan (nakes). Namun ditegaskan, vaksin ini bukan sebagai booster seperti pada nakes.

"Benar untuk masyarakat umum yang belum pernah divaksin dosis 1 dan 2. Jadi bukan dosis ketiga (booster)," tegas Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonowu kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Sejauh ini, tidak ada prioritas khusus dalam pendistribusian vaksin Moderna. Siapapun yang memenuhi syarat, punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan vaksin berbasis mRNA buatan Amerika Serikat ini.

"Sepanjang masih ada ketersediaan vaksinnya tidak membeda-bedakan masyaraka," kata dr Maxi.

"Kecuali umur 12-17 tahun hanya boleh Sinovac," tambahnya.

Saat ini, Kemenkes telah mendistribusikan 5,1 juta dosis vaksin Moderna ke seluruh Indonesia. Wilayah tertentu dengan risiko tinggi mendapat alokasi lebih banyak.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT