ADVERTISEMENT

Minggu, 15 Agu 2021 18:01 WIB

Jokowi Minta Hasil PCR Maksimal 1x24 Jam, Biasanya Berapa Lama? Yuk Cerita

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ilustrasi Tes Swab Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Jakarta -

Selain meminta untuk menurunkan harga tes PCR (polymerase chain reaction) COVID-19 ke Rp 450-500 ribu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta agar hasil tes bisa keluar lebih cepat dan diterima sehari kemudian alias 1x24 jam.

"Saya meminta agar tes PCR bisa diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam, kita butuh kecepatan" kata Jokowi dalam keterangan pers, Minggu (15/8/2021).

Memangnya, selama ini berapa lama sih hasil PCR dapat diterima?

Berdasarkan pantauan detikcom, hasil tes PCR keluar dalam waktu yang variatif. Ada yang hasilnya bisa diterima selang beberapa jam, ada juga yang butuh waktu berhari-hari.

Pengalaman menunggu hasil tes PCR diceritakan oleh Ayunda, karyawan swasta di Jakarta. Ia mengaku telah melakukan tes PCR di puskesmas kawasan Tebet, Jakarta Selatan bulan ini. Hasilnya memang baru keluar lebih dari 1x24 jam sih.

"Iya aku pernah (tes PCR), kemarin PCR di puskesmas terus keluar hasil 2 hari," tuturnya kepada detikcom, Minggu (15/8/2021).

Hal serupa dialami oleh Zizu, juga seorang karwayan swasta. Ia menuturkan sudah dua kali melakukan tes PCR baru-baru ini. Pertama, ia melakukan tes di puskesmas di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Juni lalu, dan hasilnya juga butuh waktu lama.

"Waktu (tes PCR) di puskes pas tracing kontak itu keluarnya tiga hari," ujar Zizu kepada detikcom, Minggu (15/8/2021).

Namun saat tes PCR yang kedua, hasilnya keluar lebih cepat. Ia melakukannya hari ini, di laboratorium swasta di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Hasilnya keluar dalam hitungan jam.

"Aku PCR jam 9 pagi, sekitar jam 3 sore udah keluar hasilnya. Itu harganya 600 ribu," ujarnya.

"Cuma yang ini, kan katanya langsung integrated ke pedulilindungi hasilnya tapi sampai sekarang ku cek belum masuk," lanjutnya.

Pengalaman serupa juga dialami oleh Nada. Ia melakukan tes PCR di laboratorium swasta di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada 21 Juli lalu. Hasilnya bisa didapatkan kurang dari 24 jam.

"Tesnya jam 10 pagi, dikasih hasilnya jam 3 pagi (keesokan hari)," ujarnya.

Kalau kamu pernah tes PCR? Berapa lama hasilnya keluar? Yuk cerita di kolom komentar.



Simak Video "Hasil Tes PCR Pembanding Berbeda, Mana yang Diakui?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT