Senin, 16 Agu 2021 21:22 WIB

Menkes Isyaratkan Hidup Lebih Lama dengan Corona, Prokes akan Di-adjust

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Vaksin door to door gencar dilakukan sebagai langkah percepatan vaksinasi. Jelang HUT RI, aktivitas ini kental dengan nuansa kemerdekaan. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengisyaratkan pandemi COVID-19 tidak akan cepat berlalu. Kemungkinan harus hidup berdampingan mulai diantisipasi.

"Sepertinya kita akan hidup lebih lama dengan virus ini. Nggak akan virus ini cepat hilang," kata Menkes dalam konferensi pers PPKM, Senin (16/8/2021).

Menurut Menkes, saat ini dibutuhkan protokol kesehatan yang bisa mengatur tata kehidupan sehingga tetap aman meski ekonomi juga tetap jalan. Salah satu yang sudah diujicobakan adalah penerapan teknologi digital.

Lewat integrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, lebih dari 180 mal dan pusat perbelanjaan mulai men-screening pengunjung berdasarkan data vaksinasi. Sejauh ini, disebut ada sekitar 1 juta orang melakukan check in dengan aplikasi tersebut di pusat perbelanjaan.

Nantinya, bukan hanya mal dan pusat perbelanjaan yang akan menerapkan teknologi digital. Transportasi, kegiatan keagamaan, pendidikan, dan pariwisata, juga akan menerapkannya.

"Jadi semua kegiatan kehidupan kita sehari-hari akan di-adjust protokol kesehatannya dan penerapan teknologi digital," tandas Menkes.



Simak Video "Menkes Budi Ingatkan Prediksi Puncak Omicron Akhir Februari"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)