Kamis, 19 Agu 2021 11:03 WIB

Kapan Badai COVID-19 di RI Berlalu? Menkes Bilang Begini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin optimis badai COVID-19 di Indonesia pasti berlalu. Di tengah momen kemerdekaan, perjuangan melawan badai COVID-19 digambarkan Menkes seperti perjuangan nenek moyang di masa lampau.

"Dari dulu nenek moyang kita sudah mengerti betul apa itu badai. Bahkan, nenek moyang kita juga sudah mengalami badainya masing-masing di generasi mereka," jelasnya dalam konferensi pers Deklarasi Percepatan Vaksinasi Ibu Hamil Indonesia, Kamis (19/8/2021).

"Nah kalau kita menghadapi badai, kita menghadapi dua pilihan, kita mau menyerah kalah berbalik arah dan mundur atau memang kita mau berani mengantisipasi gerakan angin dan gelombang," kata dia.

Menkes meyakini dengan kerja sama sejumlah pihak termasuk masyarakat, pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah. Badai COVID-19 akan cepat berlalu, meskipun dirinya beberapa waktu lalu menyebut masyarakat akan hidup bersama Corona 5-10 tahun mendatang.

"Kondisi yang biasa-biasa saja tidak membuat Indonesia menjadi negara besar seperti sekarang, yang penting kita sadari bahwa sekarang Indonesia berada di bahtera yang sama, baik rakyat, pemerintah pusat, daerah, dan warga," sambungnya.

"Kita kerahkan sama-sama berperan sama-sama, sesuai dengan kemampuan kita harusnya kita bisa mengatasi badai," pungkas dia.

(naf/up)