Rabu, 18 Agu 2021 14:42 WIB

Kemenkes: Tak Ada Syarat Khusus bagi Penerima Vaksin Moderna Non Nakes

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin dosin ketiga atau booster diberikan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8). Vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Efikasi yang relatif tinggi sempat membuat Vaksin Moderna jadi incaran. Meski demikian, Kementerian Kesehatan RI tidak membuat syarat maupun prioritas khusus terkait vaksin yang mengusung platform mRNA tersebut.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan tidak mengatur syarat khusus penerima vaksin Moderna.

"Yang pasti ini untuk dosis 1 dan dosis 2 dan (proses) skrining sama," katanya saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Rabu (18/8/2021).

Kemenkes saat ini mengalokasikan sebanyak 5 juta dosis vaksin Moderna untuk masyarakat umum di seluruh Indonesia. Vaksin berbasis mRNA ini diberikan dengan dua dosis dengan interval 28 hari.

Pelaksanaan vaksinasi Moderna untuk masyarakat umum juga hanya bisa dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah daerah.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelumnya menetapkan syarat khusus bagi warga Ibu Kota yang ingin mendapatkan vaksin Moderna. Salah satunya adalah membawa surat keterangan belum pernah vaksin dari fasilitas kesehatan.

Selain itu, warga yang mendapat vaksin Moderna adalah mereka yang tidak dapat menggunakan vaksin Sinovac atau AstraZeneca, dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang berpraktik di fasilitas kesehatan (FKTP/FKRTL).



Simak Video "Vaksin Moderna Diklaim Aman untuk Anak 6-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)