Rabu, 18 Agu 2021 19:49 WIB

Tak Semua Keluhkan KIPI, Ibu Hamil Ini Dapat Vaksin Moderna Fine-fine Saja

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Sebanyak 1.100 mahasiswa di Bekasi menerima vaksinasi COVID-19. Vaksinasi digelar di Aula Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Banyak keluhan KIPI vaksin Moderna lebih 'nampol' dibanding vaksin lain. Tapi ternyata tidak semua mengalaminya, ibu hamil yang satu ini merasa fine-fine saja setelah mendapat suntikan vaksin Moderna.

Saat ini, penyuntikan vaksin Moderna tidak lagi terbatas sebagai booster pada tenaga kesehatan (nakes). Vaksin berbasis mRNA ini juga sudah diberikan untuk umum, dan sempat jadi incaran karena efikasinya yang relatif lebih tinggi dibanding yang lain.

Beberapa nakes yang sebelumnya mendapat vaksin Sinovac, mengaku merasakan efek samping yang lebih berat saat mendapat booster vaksin Moderna. Diyakini, efek samping vaksin Moderna memang lebih 'nampol' dibanding yang lain.

Faktanya, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) tidak selalu sama pada masing-masing individu. Ada yang mengalami efek samping yang 'nampol', ada juga yang biasa saja. Termasuk pada vaksin Moderna.

Salah satunya dialami Nur Yaumi (24), seorang ibu hamil di Tangerang, Banten. Ia melakukan vaksinasi dan mendapat vaksin Moderna di sebuah rumah sakit saat kandungannya menginjak usia 21 pekan.

Ia pun menceritakan pengalamannya setelah vaksin. Menurutnya, tak ada efek samping serius karena ia hanya mengalami nyeri di area suntikan.

"Beberapa menit setelah divaksin merasakan sakit ulu hati tapi sampai rumah udah nggak lagi. Nggak tau pengaruh vaksin atau bukan. Lalu malamnya bekas suntikan vaksin terasa nyeri," ujarnya kepada detikcom, Rabu, (18/8/2021).

"Beberapa menit setelah divaksin merasakan sakit ulu hati tapi sampai rumah udah nggak lagi. Nggak tau pengaruh vaksin atau bukan. Lalu malamnya bekas suntikan vaksin terasa nyeri," ujarnya kepada detikcom, Rabu, (18/8/2021).

Ia mengaku, sebenarnya dirinya tidak pilih-pilih soal vaksin. Namun, ia percaya pada anjuran Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi Moderna pada ibu hamil.

"Aku sebenarnya nggak milih-milih vaksin, yang disarankan Kemenkes buat bumil kan ada Sinovac, Pfizer dan Moderna. Kebetulan dapat info ada vaksinasi di RS Mentari dengan vaksin Moderna jadi langsung daftar karena merupakan vaksin yg diakui aman buat bumil," ujarnya.



Simak Video "Vaksin Moderna Jadi Primadona, Pakar Ingatkan Stoknya Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)