Kamis, 19 Agu 2021 10:12 WIB

Menkes: Hipertensi Penyebab Gagal Vaksinasi COVID-19 Nomor Satu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan banyak warga tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi yang menyebabkan mereka gagal menerima vaksin COVID-19. Padahal penyakit ini, menurutnya, mudah untuk dideteksi.

"Kami baru menyadari juga, paling banyak warga gagal divaksinasi karena hipertensi," katanya dalam agenda Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Indonesia, Kamis (19/8/2021).

"Ini adalah penyakit yang seharusnya mudah dideteksi dan kalau cepat diketahui, pelayanannya pun murah dan standar," sambungnya.

Pasien pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi telah dinyatakan boleh menerima vaksin COVID-19. Namun ada syarat yang harus dipenuhi, salah satunya tekanan darah di bawah 180/110 mmHG.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan bahwa hipertensi juga penyebab kematian yang tinggi pada ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami hipertensi dan infeksi Corona, maka risiko kematian ibu dan bayi akan meningkat.

Melihat angka infeksi Corona pada ibu hamil yang cukup tinggi, Menkes meminta agar mereka segera divaksinasi. Vaksinasi COVID-19 tidak hanya melindungi ibu, tapi juga janin yang dikandungnya.

Keamanan vaksin COVID-19 telah dikaji melalui berbagai data studi di hewan maupun studi observasi pada 35 ribu ibu hamil yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Amerika tidak menunjukkan KIPI yang serius maupun efek yang membahayakan pada kehamilan maupun bayi yang dilahirkan.

(kna/up)