Kamis, 19 Agu 2021 11:45 WIB

RI Dapat Sumbangan 3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 dari Belanda

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Indonesia kembali mendapatkan hibah vaksin COVID-19. Pemerintah Belanda menyumbangkan 3 juta vaksin Corona untuk Indonesia, sekitar 450 ribu dosis di antaranya akan tiba hari ini.

Donasi vaksin COVID-19 dari pemerintah Belanda disebut bentuk solidaritas untuk negara-negara terdampak COVID-19 yang disumbangkan melalui mekanisme COVAX yang dikoordinasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Untuk tahap pertama, sebanyak 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca sumbangan Belanda tiba sore ini.

"Donasi bagi Indonesia ini tidak hanya sebagai bentuk solidaritas COVID-19, tetapi juga berdasarkan ikatan khusus antara Indonesia dan Belanda dan kemitraan strategis komprehensif kami," ujar Lambert Grijns selaku Duta Besar Belanda untuk Indonesia, seperti dikutip CNBC Indonesia dari keterangan resmi, Kamis (19/8/2021).

Selain itu, sore ini Indonesia juga akan menerima 1.560.780 dosis vaksin Pfizer dalam bentuk jadi dan 567.500 vaksin AstraZeneca yang didapatkan melalui jalur direct purchase (pembelian langsung).

Seluruh vaksin COVID-19 yang tiba di Indonesia ini akan dialokasikan untuk program vaksinasi Covid-19 nasional yang diselenggarakan gratis oleh pemerintah.

(kna/up)