Kamis, 19 Agu 2021 22:31 WIB

Tak Nyenyak Tidur Gara-gara Sering Beser, Bagaimana Mengatasinya?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Part of perfect female body on bed, elegant gray bedding, top view, copy space Beser bikin tidur tak nyenyak (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Beser adalah gangguan pada fungsi menyimpan air kencing sehingga keinginan untuk buang air kecil tidak tertahan, tiba-tiba, dan terus menerus.

Pada kondisi tertentu, beser yang terjadi kerap disertai dengan ketidakmampuan untuk menahan kencing yang dapat menyebabkan seseorang mengompol.

Beser bisa jadi hal yang sangat mengganggu terlebih jika seseorang seringkali beraktivitas di luar rumah yang jauh dari kamar mandi. Akhirnya, aktivitas menjadi terasa sulit bahkan berisiko pada gangguan tidur dan gangguan kualitas hidup.

Prof Dr dr Siti Setiati, SpPD, KGer, M.Epid, dari Divisi Geriati Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedoktera Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) menjelaskan, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi beser adalah mengenali dulu apa penyebabnya.

"Sebelum memilih obat, cari tahu dulu apa penyebabnya. Misalnya karena diabetes, atasi dulu diabetesnya," ujar Dr Siti.

Selain mengetahui penyakit, penting juga untuk melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan otot dasar panggul.

Otot dasar panggul berperan penting dalam proses menahan kencing. Ketika otot tersebut tidak dilatih, maka kekuatannya untuk mengontrol kencing jadi menurun dan menyebabkan beser.

Perhatikan pula asupan cairan, usahakan untuk tidak minum dua jam sebelum tidur. Lalu, hindari minuman-minuman manis dan kafein.

Jika beser ini terjadi terus menerus, Dr Siti menyarankan untuk melakukan pencatatan mandiri dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

"Disarankan untuk mencatat. Minum jam berapa, berapa banyak minumnya, berapa kali ke kamar mandi, ada yang bocor gak pipisnya, apakah keinginan kencing tak tertahan. Supaya ketahuan polanya jadi dokter bisa ngasih treatment yang benar," lanjutnya.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)