Kamis, 19 Agu 2021 20:45 WIB

Plus Minus Tidur Telanjang, Perlu Tahu Sebelum Ikut-ikutan!

Syifa Aulia - detikHealth
womans legs on bed Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/MARIOS07
Jakarta -

Sebagian orang memiliki kebiasaan tidur tanpa busana atau tidur telanjang karena dianggap lebih nyaman. Tidur adalah kebutuhan manusia agar tubuh dapat beristirahat setelah beraktivitas.

Berbagai riset ilmiah mengatakan bahwa tidur telanjang memiliki manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kualitas tidur meningkat hingga meningkatkan kesuburan.

Namun, tidur telanjang punya risiko tertentu yang berdampak pada kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat dan risiko kesehatan dari tidur tanpa busana.

Manfaat untuk tubuh

1. Kualitas tidur meningkat

Tidur tanpa busana membuat tubuh terasa tidak panas. Beberapa orang mungkin merasakan efek semakin cepat tidur. Menurut studi di National Institutes of Health pada 2012, suhu berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur.

Suhu terlalu dingin atau panas akan berpengaruh terhadap gerakan mata, yang juga memengaruhi tahap mimpi. Jika tidak nyenyak, efektivitas tidur dalam menyegarkan otak dan tubuh akan berkurang. Suhu ideal untuk kamar tidur adalah antara 15 hingga 19 derajat Celcius

2. Meningkatkan kesuburan

Sebuah penelitian terhadap 656 subjek menunjukkan jika tidur dengan pakaian ketat dapat menekan produksi sperma. Maka, jika tidur tanpa pakaian ketat atau tidak sama sekali akan jauh lebih baik untuk kesuburan pria.

Risiko tidur telanjang

1. Masuk angin

Suhu inti tubuh akan terjadi perubahan selama tidur. Di awal mungkin suhu tubuh masih normal dan terasa nyaman. Tetapi semakin malam udara akan semakin dingin, sehingga jika tidur tanpa busana akan berisiko terkena masuk angin.

2. Gatal

Pakaian tidur berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Saat tidur tanpa busana, permukaan kulit akan kontak langsung dengan kain sprei. Hal itu bisa menyebabkan risiko gatal-gatal karena kain sprei yang kotor atau berbahan kasar.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)