Selasa, 17 Agu 2021 21:30 WIB

Kata Ilmuwan Lebih Sehat Sih, Tapi Yakin Mau Tidur Telanjang? Pikirkan Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Part of perfect female body on bed, elegant gray bedding, top view, copy space Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Berbagai riset ilmiah menyebut tidur telanjang alias tanpa busana punya manfaat menyehatkan. Mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga meningkatkan kesuburan.

Namun dalam kenyataan, tidur telanjang umumnya punya lebih banyak tantangan. Alih-alih menyehatkan, malah berhadapan dengan risiko masuk angin dan gatal-gatal di permukaan tubuh.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk tidur telanjang adalah sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Yakin nggak masuk angin?

Dikutip dari Cosmopolitan, suhu inti tubuh berubah selama tidur. Saat mulai tertidur mungkin masih terasa nyaman, tetapi jangan kaget kalau tengah malam terbangun karena kedinginan meski setting AC ruangan tidak diubah-ubah.

Tanpa mengenakan pakaian, tubuh tidak mendapat perlindungan dari terpaan suhu dingin di malam hari.

2. Gatal!

Seberapa sering mengganti sprei, dan selembut apa bahannya? Pakaian tidur, bagaimanapun dibuat dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan sebagai yang paling utama. Saat kontak dengan permukaan kulit, efeknya tentu beda dengan kain sprei.

3. Bagaimana kalau mendadak lapar?

Lapar memang tidak ada hubungannya dengan pakaian. Tidak secara langsung, tetapi tetap ada hubungannya. Bayangkan kalau tiba-tiba lapar tengah malam, lalu tanpa sadar langsung berjalan ke dapur mencari cemilan atau minuman.

4. Kalau ada gempa atau kebakaran?

Berbagai kondisi darurat yang tidak bisa diprediksi seperti gempa bumi dan kebakaran menuntut seseorang untuk sesegera mungkin bergerak mencari perlindungan. Tidur tanpa pakaian alias tidur telanjang akan memperlambat reaksi karena tidak mungkin begitu saja lari menyelamatkan diri.



Simak Video "Strategi Menkes dan Mendikbud Jaga Keberlangsungan PTM Tetap Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)